Kompas TV internasional kompas dunia

Seorang Jenderal Bintang Tiga Myanmar Dipecat dan Kena 5 Tahun Penjara atas Kasus Suap dan Korupsi

Kompas.tv - 12 November 2023, 02:15 WIB
seorang-jenderal-bintang-tiga-myanmar-dipecat-dan-kena-5-tahun-penjara-atas-kasus-suap-dan-korupsi
Pengadilan militer di Myanmar menjatuhkan hukuman penjara lima tahun kepada Letnan Jenderal Soe Htut atas tuduhan korupsi, penyalahgunaan wewenang dan suap, menjadi perwira senior terbaru yang dipenjara sejak militer merebut kekuasaan dari Aung San Suu Kyi. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

BANGKOK, KOMPAS.TV - Pengadilan militer di Myanmar menjatuhkan hukuman penjara lima tahun kepada seorang jenderal yang sempat menjadi anggota senior dewan pemerintahan atas tuduhan korupsi, penyalahgunaan wewenang dan suap, demikian dilaporkan media yang dikelola negara pada hari Sabtu, (11/11/2023).

Letnan Jenderal Soe Htut sempat menjabat menteri dalam negeri dan anggota Dewan Administrasi Negara junta militer Myanmar, menjadi perwira senior terbaru yang dipenjara atas tuduhan korupsi sejak militer merebut kekuasaan dari pemerintahan terpilih Aung San Suu Kyi lebih dari 2 1/2 tahun yang lalu.

Laporan surat kabar Global New Light of Myanmar yang dikelola negara pada Sabtu menyatakan Soe Htut menyalahgunakan pangkat dan wewenangnya dengan memerintahkan bawahan untuk mengeluarkan paspor kepada perusahaan atas permintaan mereka, menerima suap, dan tidak memastikan bahwa peraturan keuangan dan ketentuan diikuti untuk dana kesejahteraan staf Kementerian Dalam Negeri.

Surat kabar tersebut menyebut Soe Htut sebagai mantan jenderal, yang berarti dia sudah diberhentikan dari angkatan bersenjata.

Soe Htut dilaporkan sudah beberapa kali menjadi target penyelidikan di ibu kota, Naypyidaw, sejak September — waktu yang sama ketika jenderal dan pejabat senior lainnya dalam pemerintahan militer ditahan dalam kasus korupsi yang diduga.

Bulan lalu, sebuah tribunal militer menghukum dua jenderal senior lainnya dengan hukuman seumur hidup setelah dinyatakan bersalah atas pengkhianatan tinggi, menerima suap, kepemilikan mata uang asing ilegal, dan melanggar disiplin militer.

Pemimpin militer Myanmar dikenal karena hubungan erat dan rahasia, dan penangkapan para jenderal senior merupakan indikasi publik yang jarang terjadi bahwa mungkin ada perpecahan di dalamnya.

Baca Juga: Ini Poin-poin Penting dari KTT ASEAN, Termasuk Masalah Myanmar dan Laut China Selatan

Pemimpin junta militer Myanmar Jenderal Min Aung Hlaing. Pengadilan militer di Myanmar menjatuhkan hukuman penjara lima tahun kepada Letnan Jenderal Soe Htut atas tuduhan korupsi, penyalahgunaan wewenang dan suap, menjadi perwira senior terbaru yang dipenjara sejak militer merebut kekuasaan dari Aung San Suu Kyi. (Sumber: Straits Times)

Soe Htut sempat menjabat di pos penting sebagai menteri dalam negeri sejak 2020 hingga Agustus tahun ini.

Dia kemudian mengambil posisi yang kurang berpengaruh sebagai menteri kantor pemerintah serikat hingga kehilangan pekerjaan tersebut dan secara nominal melanjutkan tugas militernya pada akhir September.

Dia juga dikeluarkan dari Dewan Administrasi Negara dalam perombakan pada September.


Dia menjadi target kritik terhadap pemerintahan militer karena mengelola kementerian dalam negeri, yang terlibat secara intensif dalam penindasan brutal terhadap gerakan pro-demokrasi yang muncul sebagai protes terhadap pengambilalihan kekuasaan militer pada tahun 2021.

Pada Juli tahun lalu, dia dilaporkan mengawasi eksekusi empat tahanan politik, termasuk seorang aktivis demokrasi dan mantan anggota parlemen dari partai Liga Nasional untuk Demokrasi pimpinan Aung San Suu Kyi, menurut Myanmar Now, situs berita daring independen.

Suu Kyi, yang pemerintah terpilihnya digulingkan oleh militer pada tahun 2021, telah dipenjara dengan sejumlah tuduhan korupsi yang secara luas dianggap sebagai rekayasa untuk alasan politik.

 

 



Sumber : Associated Press / Global New Light of Myanmar


BERITA LAINNYA



Close Ads x