Kompas TV internasional kompas dunia

Israel Kepung Rumah Sakit di Gaza, Ribuan Warga Palestina Eksodus ke Selatan

Kompas.tv - 10 November 2023, 23:42 WIB
israel-kepung-rumah-sakit-di-gaza-ribuan-warga-palestina-eksodus-ke-selatan
Rumah sakit terbesar di Jalur Gaza, RS Al-Shifa menjadi sasaran pengeboman besar-besaran hari Jumat, (10/11/2023) kata Organisasi Kesehatan Dunia WHO, sambil menambahkan 20 rumah sakit di Gaza kini sepenuhnya tidak berfungsi. (Sumber: Hurriyet Daily)
Penulis : Vyara Lestari | Editor : Gading Persada

GAZA, KOMPAS.TV – Ribuan warga Palestina mengungsi dari rumah sakit di Kota Gaza menyusul serangkaian serangan Israel di dan sekitar sejumlah fasilitas kesehatan di Gaza, Jumat (10/11/2023).

Ribuan warga Palestina itu bergabung dalam eksodus besar-besaran menuju selatan setelah Israel mengumumkan jeda bagi warga untuk mengungsi. 

Namun, tak ada tempat aman di enklave yang diblokade Israel itu. Puluhan ribu warga yang mengungsi ke selatan diadang ancaman bombardir Israel dan krisis kemanusiaan yang parah.

Melansir Associated Press, serangan rudal Israel sepanjang malam di utara Gaza makin membahayakan puluhan ribu warga yang menyesaki rumah sakit dan sekitarnya lantaran meyakini tempat itu sebagai tempat berlindung yang aman.

Baca Juga: Fasilitas Kemanusiaan Gaza Dekat RS Indonesia Dibom, Indonesia Kecam Keras Serangan Israel

Pada Jumat (10/11), tank-tank Israel mengepung sejumlah rumah sakit di Gaza. Bahkan, Rumah Sakit Al Shifa, kompleks rumah sakit terbesar di Kota Gaza, diserang lima kali dalam waktu kurang dari 24 jam.

Pada Jumat pagi, rudal Israel menghantam halaman dan departemen kebidanan di Rumah Sakit Al Shifa, tempat puluhan ribu warga berlindung. Hal ini diungkapkan juru bicara Kementerian Kesehatan Gaza Ashraf al Qidra.

Tentara Israel menuding Hamas bersembunyi di dalam rumah sakit, dan telah membangun pusat komando di bawah tanah. Tudingan ini dibantah Hamas dan staf rumah sakit.

Menyusul serangan Israel, ribuan warga mengungsi dari rumah sakit. 

Baca Juga: Kisah Ketangguhan Anak-Anak Gaza: Lantunkan Al-Qur'an sampai Menjerit saat Dioperasi tanpa Anestesi

Direktur Rumah Sakit Al Shifa, Mohammed Abu Selmia menyebut Israel meminta agar pasien fasilitas kesehatan dievakuasi. Namun, Abu Selmia menyatakan tak ada tempat evakuasi bagi para pasien.

“Ke mana kami harus mengevakuasi mereka?” tanya Abu Selmia pada Al Jazeera.


Kementerian Kesehatan Gaza menyebut setidaknya seorang tewas dan sejumlah lainnya terluka dalam serangan Israel. Sementara hantaman rudal di dekat Pusat Medis Al Nasr, termasuk dua rumah sakit anak-anak menewaskan dua orang.

Otoritas kesehatan Gaza menyebut serangan Israel menyasar dekat empat rumah sakit sepanjang Kamis malam hingga Jumat pagi.

Kementerian Kesehatan Gaza mencatat, sejak perang dimulai, lebih dari 11.070 warga Palestina tewas, sebagian besar adalah perempuan dan anak-anak. Sementara, 2.650 lainnya dilaporkan hilang. 



Sumber : Associated Press/Al Jazeera


BERITA LAINNYA



Close Ads x