Kompas TV internasional kompas dunia

Kemlu: Donasi 500.000 Dollar Tahir Foundation ke Gaza Dukungan Kongkret Rakyat Indonesia

Kompas.tv - 27 Oktober 2023, 23:30 WIB
kemlu-donasi-500-000-dollar-tahir-foundation-ke-gaza-dukungan-kongkret-rakyat-indonesia
Direktur Timur Tengah Kementerian Luar Negeri, Bagus Hendraning Kobarsyih, hari Kamis, (26/10/2023) menyatakan sumbangan senilai US$ 500,000 atau setara Rp7,5 miliar dari Tahir Foundation untuk Gaza, Palestina, adalah bukti konkret dari dukungan masyarakat Indonesia. (Sumber: Antara)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Direktur Timur Tengah Kementerian Luar Negeri, Bagus Hendraning Kobarsyih, hari Kamis, (26/10/2023) menyatakan sumbangan senilai  500,000 Dollar AS  atau setara Rp7,5 miliar dari Tahir Foundation untuk Gaza, Palestina, adalah bukti konkret dari dukungan masyarakat Indonesia.

Tahir Foundation memberikan donasi kemanusiaan untuk Palestina melalui Dubes Besar Palestina untuk Indonesia, Zuhair Al-Shun.

"(Pemberian) ini menunjukkan adanya dukungan konkret masyarakat Indonesia, tidak hanya di level pemerintah namun juga di level masyarakat. Tahir Foundation merefleksikan dukungan masyarakat Indonesia dan kita berharap dukungan ini akan terus bergulir," kata Bagus di Kedutaan Besar Palestina di Jakarta, Kamis, (26/10/2023).

Penyerahan donasi tersebut, lanjut Bagus, adalah bukti isu Palestina tidak hanya berkaitan dengan tingkat tertentu, melainkan juga mengenai beragam lapisan masyarakat.

"Kami mendukung dan mengapresiasi langkah yang diambil oleh Pak Tahir untuk membantu meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Gaza yang saat ini menghadapi tekanan yang luar biasa."

Bagus juga berharap agar di masa depan, akan ada lebih banyak bantuan yang datang dari masyarakat Indonesia dan juga dunia.

Baca Juga: Jurnalis Al Jazeera Pimpin Salat Jenazah Istri-Anak-Cucu yang Dibom Israel: Kami Akan Tetap Bersuara

Truk Bulan Sabit Merah Mesir yang membawa bantuan kemanusiaan untuk Jalur Gaza melintasi gerbang perbatasan Rafah, di Rafah, Mesir, Sabtu, (21/10/2023). Direktur Timur Tengah Kementerian Luar Negeri, Bagus Hendraning Kobarsyih, hari Kamis, (26/10/2023) menyatakan sumbangan senilai US$ 500,000 atau setara Rp7,5 miliar dari Tahir Foundation untuk Gaza, Palestina, adalah bukti konkret dari dukungan masyarakat Indonesia. (Sumber: AP Photo)

Sementara itu, pendiri Tahir Foundation, Dato Sri Tahir, mengatakan donasi senilai 500.000 dolar AS itu akan disalurkan ke berbagai rumah sakit di Gaza, termasuk Rumah Sakit Indonesia.

"Lebih baik untuk anak-anak dan ibu-ibu yang menghadapi kematian. Belum tahu teknisnya, namun kita akan terus memantau."

Dato mengungkapkan kebahagiaannya bisa membantu mengurangi penderitaan mereka. "Apa yang terjadi di Gaza, juga dapat dirasakan oleh saya yang ada di Indonesia. Palestina tidak asing bagi saya."

Pada kesempatan tersebut, Dubes Zuhair menyampaikan terima kasih kepada Tahir Foundation atas dukungan yang diberikan kepada Palestina.


 

"Ini menunjukkan Indonesia selalu fokus dan berdoa untuk Palestina. Inilah Indonesia, kami bangga," katanya.

Zuhair juga menyampaikan harapannya agar agresi dan genosida yang sedang terjadi di Gaza dapat dihentikan demi menyelamatkan warga Palestina, khususnya anak-anak.



Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x