Kompas TV internasional kompas dunia

Israel akan Izinkan Mesir Kirim Sejumlah Bantuan ke Gaza

Kompas.tv - 19 Oktober 2023, 05:45 WIB
israel-akan-izinkan-mesir-kirim-sejumlah-bantuan-ke-gaza
Anak kecil dan perempuan korban serangan bom Israel di rumah sakit Al-Ahli di lantai di rumah sakit al-Shifa di Kota Gaza, Jalur Gaza tengah, setelah tiba dari rumah sakit al-Ahli menyusul ledakan di sana, Selasa, 17 Oktober 2023. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Gading Persada

KHAN YOUNIS, KOMPAS.TV — Israel menyatakan akan mengizinkan Mesir mengirimkan bantuan kemanusiaan dalam jumlah terbatas ke Jalur Gaza, Rabu (18/10/2023). 

Pengumuman untuk mengizinkan masuknya pasokan air, makanan, dan bantuan lainnya terjadi di tengah kemarahan atas ledakan Selasa malam di Rumah Sakit al-Ahli. 

Ada klaim yang saling bertentangan mengenai siapa yang bertanggung jawab atas ledakan tersebut. Pejabat Hamas di Gaza dengan cepat menyalahkan serangan udara Israel, dan mengatakan hampir 500 orang tewas.

Israel membantah terlibat dan merilis serangkaian video, audio, dan informasi lain yang dikatakan menunjukkan bahwa ledakan tersebut disebabkan oleh serangan roket yang dilakukan oleh Jihad Islam, kelompok militan lain yang beroperasi di Gaza. Jihad Islam menolak klaim tersebut.

Israel menutup semua pasokan ke Gaza setelah militan Hamas mengamuk di komunitas-komunitas di Israel selatan pada 7 Oktober. Pembantaian al-Ahli membuat dampak pengepungan tersebut menjadi sangat lega.

Baca Juga: Presiden Mesir Tolak Warga Gaza Mengungsi ke Sinai: Itu Skema Pemusnahan Palestina oleh Israel

Ratusan orang yang terluka dilarikan ke rumah sakit lain, hampir kehabisan persediaan dan bahan bakar untuk generatornya, dan dokter melakukan operasi di lantai, seringkali tanpa anestesi.

Biden mengatakan presiden Mesir setuju untuk membuka penyeberangan bantuan dan, sebagai permulaan, mengizinkan masuknya 20 truk berisi bantuan kemanusiaan.

Jika Hamas menyita bantuan, “itu akan berakhir,” kata Biden seperti dikutip dari The Associated Press. Pejabat Gedung Putih mengatakan bantuan akan mengalir paling cepat pada hari Jumat, setelah jalan-jalan diperbaiki.

Di perbatasan Rafah, satu-satunya penghubung Gaza ke Mesir, antrean truk bantuan telah menunggu berhari-hari untuk masuk.

Namun fasilitas tersebut hanya memiliki kapasitas terbatas. Mesir masih harus memperbaiki jalan melintasi perbatasan yang rusak akibat serangan udara Israel.

Pasokan pada akhirnya akan masuk di bawah pengawasan PBB, kata Menteri Luar Negeri Mesir Sameh Shoukry kepada TV Al-Arabiya. Dia tidak merinci jumlah truknya.

Ketika ditanya apakah orang asing dan warga negara ganda yang ingin keluar akan diizinkan masuk, dia berkata: “Selama penyeberangan beroperasi normal dan fasilitas (penyeberangan) telah diperbaiki.”

Baca Juga: Ratusan Orang Tewas saat Rudal Israel Hantam RS di Gaza! Pasien, Perawat, dan Dokter Jadi Korban

Kantor Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan keputusan itu disetujui setelah ada permintaan dari Biden. Dikatakan bahwa Israel “tidak akan menggagalkan” pengiriman makanan, air atau obat-obatan dari Mesir, selama pengiriman tersebut terbatas pada warga sipil di selatan Jalur Gaza dan tidak diberikan kepada militan Hamas. 

Dalam kunjungan singkatnya, Biden mencoba mencari keseimbangan antara menunjukkan dukungan AS kepada Israel, sekaligus meredam kekhawatiran yang semakin besar di antara sekutu-sekutu Arabnya. Setibanya di sana, Biden memeluk Netanyahu – dan menyatakan keprihatinannya atas penderitaan warga sipil Gaza.

Biden mengatakan ledakan di rumah sakit tersebut tampaknya bukan kesalahan Israel, dan dia memperingatkan Israel agar tidak membiarkan kemarahan atas serangan mematikan Hamas menguasai mereka.

Menteri Luar Negeri Yordania Ayman Safadi memperingatkan bahwa perang tersebut “mendorong kawasan ini ke jurang kehancuran.” Setelah ledakan di rumah sakit, Yordania membatalkan pertemuan antara Biden, Raja Yordania Abdullah II, dan presiden Palestina dan Mesir.


 




Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x