Kompas TV internasional kompas dunia

Putin Janjikan Perang yang Berbeda Jika AS Serang Rusia, Bakal Sedahsyat Apa?

Kompas.tv - 16 Oktober 2023, 15:21 WIB
putin-janjikan-perang-yang-berbeda-jika-as-serang-rusia-bakal-sedahsyat-apa
Presiden Rusia Vladimir Putin saat berbicara dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dalam pertemuan di Sochi, Rusia, Senin, 4 September 2023. (Sumber: Sergei Guneyev, Sputnik, Kremlin Pool Photo via AP)
Penulis : Haryo Jati | Editor : Deni Muliya

MOSKOW, KOMPAS.TV - Presiden Rusia Vladimir Putin menjanjikan perang yang berbeda jika Barat menyerang Rusia.

Pada Minggu (15/10/2023), Putin menegaskan jika Amerika Serikat (AS) memutuskan perang dengan Rusia, maka akan sangat berbeda dengan operasi khusus Rusia di Ukraina.

Putin mengungkapkan penilaiannya tersebut dalam wawancara dengan Stasiun TV Rusia, Rossiya mengenai perang Rusia-Ukraina dan hubungan Rusia-China.

Pada kesempatan itu, Putin menanggapi usulan Kongres AS yang mempersiapkan perang serentak dengan Rusia dan China, termasuk mempertimbangkan opsi konflik nuklir.

Baca Juga: Bawa 27 Pesumo, 2 Pesawat Jepang Ini Langsung Alami Kelebihan Beban

“Saya pikir itu bukan pikiran sehat yang datang dari orang yang sehat, karena mengatakan AS siap berperang dengan Rusia, ya, kami semua siap untuk perang karena mengikuti prinsip kuno yang terkenal, jika Anda menginginkan perdamian bersiaplah berperang,” katanya dikutip dari Anadolu Agency.

“Kami bertindak berdasarkan asumsi bahwa kami menginginkan perdamaian,” tambahnya.

Putin pun menegaskan, kemungkinan memerangi Rusia dan China adalah omong kosong, dan ia yakin itu diungkapkan hanya untuk menakut-nakuti seseorang.

Meski begitu, ia menegaskan, jika AS ingin berperang melawan Rusia maka sangat berbeda dengan operasi militer khusus di Ukraina.

“Jika mereka ingin berperang dengan Rusia maka perangnya akan sangat berbeda, mereka tidak akan melakukan operasi militer khusus. Lihatlah Timur Tengah, apakah itu operasi militer khusus, dapatkah Anda membandingkannya?” ujarnya.

“Jika kita berbicara tentang perang antara kekuatan nuklir yang besar maka itu akan menjadi cerita yang sama sekali berbeda,” ucap Putin.

“Saya tak berpikir bahwa orang-orang yang waras dapat memikirkan hal itu, tetapi jika pemikiran seperti itu muncul di benak mereka, maka itu akan jadi hari buruk, dan membuat kita waspada,” tambahnya.

Baca Juga: Ahli Waris Pengusaha Pisang Terpilih Jadi Presiden Ekuador, Usia 35 Tahun, Tenang dan Populer

Putin juga membahas klaim bahwa Rusia dan China sedang membentuk blok militer baru.

Ia juga mencatat bahwa Barat terus-menerus menciptakan aliansi.

“Kami berulang kali mengatakan ini. Kami tak bersatu untuk aliansi militer atau politik. Amerika yang melakukan itu,” tuturnya.

“Lebih jauh lagi, mereka memaksa sekutu mereka untuk memperburuk hubungan dengan Rusia dan China,” tambahnya.



Sumber : Anadolu Agency


BERITA LAINNYA



Close Ads x