Kompas TV internasional kompas dunia

Israel Bombardir Dua Bandara Suriah di Tengah Perang Lawan Hamas

Kompas.tv - 12 Oktober 2023, 23:04 WIB
israel-bombardir-dua-bandara-suriah-di-tengah-perang-lawan-hamas
Peta Suriah. Militer Israel dilaporkan membombardir dua bandara internasional Suriah di Damaskus dan Aleppo, Kamis (12/10/2023). Serangan udara ini diluncurkan ketika Israel tengah sibuk mengirim serangan balasan atas serangan Hamas pada Sabtu (7/10) lalu. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Iman Firdaus

DAMASKUS, KOMPAS.TV - Militer Israel dilaporkan membombardir dua bandara internasional Suriah di Damaskus dan Aleppo, Kamis (12/10/2023). Serangan udara ini diluncurkan ketika Israel tengah sibuk mengirim serangan balasan atas serangan Hamas pada Sabtu (7/10) lalu.

Kantor berita Suriah, SANA melaporkan bahwa landasan pacu di bandara Damaskus dan Aleppo rusak akibat serangan Israel. Namun, seorang pejabat militer Suriah yang berbicara dalam kondisi anonim menyebut tidak ada korban manusia akibat serangan ini.

Baca Juga: Selama 6 Hari, Israel Jatuhkan 4.000 Ton Bom di Gaza dan Tewaskan Hampir 1.500 Jiwa

Militer Israel sendiri menolak berkomentar atas laporan serangan udara ke dua bandara Suriah. Peristiwa ini adalah serangan pertama Israel ke Suriah sejak negara itu mendeklarasikan perang lawan Hamas pada akhir pekan lalu.

Serangan ini pun diluncurkan hanya sehari sebelum Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir-Abdollahian dijadwalkan mengunjungi Suriah. Pejabat Iran itu disebut mengunjungi Suriah untuk membahas situasi genting di kawasan Timur Tengah.

Sejak perang sipil Suriah meletus, Israel diketahui kerap menyasar bandara dan pelabuhan di daerah yang dikuasai pemerintahan Bashar Al-Assad. Israel jarang mengakui serangan tersebut, tetapi senantiasa menyatakan bahwa mereka menyasar target yang terkait kelompok Hizbullah yang didukung Iran.

Israel diketahui telah meluncurkan ratusan serangan udara di daerah yang dikuasai pemerintah Suriah beberapa tahun belakangan. 


 

Di lain sisi, Israel melaporkan jumlah korban akibat serangan Hamas pada Sabtu (7/10) lalu mencapai 1.300 orang, termasuk 222 tentara. Sedangkan korban serangan balasan Israel ke Palestina berjumlah 1.448 jiwa, termasuk 447 anak-anak.

Baca Juga: 100 Orang Tewas dalam Serangan Drone saat Wisuda Akmil di Suriah, Pemerintah Tuduh Pemberontak

 



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x