Kompas TV internasional kompas dunia

Puan Maharani Bertemu Ketua DPR Malaysia, Sebut Kuala Lumpur Tertarik Bantu Pembangunan IKN

Kompas.tv - 2 Oktober 2023, 22:35 WIB
puan-maharani-bertemu-ketua-dpr-malaysia-sebut-kuala-lumpur-tertarik-bantu-pembangunan-ikn
Ketua DPR RI Puan Maharani melaksanakan pertemuan bilateral dengan Ketua Dewan Rakyat Malaysia Dato Johari Bin Abdul di Kuala Lumpur, Malaysia, Senin (2/10/2023). (Sumber: Handout DPR RI via Antara)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

KUALA LUMPUR, KOMPAS.TV - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Puan Maharani bertemu Ketua Dewan Rakyat Malaysia Tan Sri Datuk Johari bin Abdul di gedung parlemen Malaysia di Kuala Lumpur, Senin (2/10/2023). Puan mengaku membahas berbagai hal, mulai dari pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara hingga pekerja migran Indonesia di Malaysia.

Kunjungan Puan ke Kuala Lumpur merupakan kunjungan balasan usai Tan Sri Datuk Johari bin Abdul menghadiri pertemuan antaranggota parlemen di Indonesia beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Usai Malaysia Larang Buku yang Merendahkan PRT Indonesia, Penulis Minta Maaf

"Kami membicarakan bagaimana kedua negara antara Indonesia dan Malaysia harus bisa memperkuat hubungan yang selama ini sudah baik," kata Puan, Senin (2/10/2023).

Puan menambahkan, Malaysia "sangat tertarik" berpartisipasi dalam pembangunan IKN di Kalimantan. Terlebih lagi, wilayah Indonesia di Pulau Kalimantan berbatasan langsung dengan Malaysia.

"Menurut Yang Mulia Bapak Tan Sri, Malaysia sangat tertarik untuk bisa berpartisipasi dalam renewable energy, juga hidro dan infrastruktur," kata Puan.

"Karena itu saya meminta agar hal ini segera di-follow-up oleh Kedutaan Indonesia yang ada di sini melalui pengusaha-pengusaha yang ada dengan investasi atau investor yang ada di Malaysia," lanjutnya.

Selain itu, Puan mengaku membahas kerja sama dengan Malaysia terkait kelapa sawit dan pekerja migran Indonesia yang berada di Malaysia.

"Sehingga apa yang ada di Malaysia dan RI terkait dengan kelapa sawit bisa dijelaskan dengan baik dan argumen-argumen yang jelas jika sedang bertemu dengan negara-negara Eropa terkait dengan kelapa sawit yang ada di Indonesia dan Malaysia," kata Puan.

Baca Juga: Kronologi WNI Asal Medan Diculik-Disiksa di Malaysia, Polisi Gerak Cepat Selamatkan Korban


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x