Kompas TV internasional kompas dunia

Tabrakan Libatkan Truk yang Membawa Gas Berbahaya Amonia, 5 Orang Tewas Termasuk 2 Anak Kecil

Kompas.tv - 1 Oktober 2023, 13:15 WIB
tabrakan-libatkan-truk-yang-membawa-gas-berbahaya-amonia-5-orang-tewas-termasuk-2-anak-kecil
Kecelakaan yang melibatkan truk yang membawa gas berbahaya amonia, Jumat (29/9/2023), menyebabkan lima orang tewas termasuk dua anak kecil. (Sumber: Jeff Long/Efferington Daily News Via AP)
Penulis : Haryo Jati | Editor : Gading Persada

ILLINOIS, KOMPAS.TV - Lima orang tewas setelah terjadinya kecelakaan mobil, yang melibatkan truk pembawa gas berbahaya Amonia di Amerika Serikat (AS).

Pihak otoritas mengatakan seorang ayah dan dua anaknya yang masih kecil ada di antara tiga korban tewas di Illinois, AS, Jumat (29/9/2023).

Kantor koroner Effingham County mengonfirmasikan lima korban tewas ditambah lima lainnya dibawa ke rumah sakit dengan menggunakan helikopter.

Kondisi lima orang yang cedera tak diungkapkan ke publik, dan kantor koroner mengatakan sebelumnya bahwa pihaknya sedang memeriksa kabar terbaru dari personel medis.

Baca Juga: Akhirnya! Penutupan Pemerintahan AS Batal Terjadi di Menit-Menit Terakhir

Dikutip dari NBC News, Sabtu (30/9), koroner Effingham County Kim Rhodes mengungkapkan anak-anak yang menjadi korban berusia di bawah 12 tahun.

Identitas dari para korban dan dua orang lainnya tak diungkapkan, tetapi kantor koroner menegaskan bahwa tiga orang merupakan warga lokal, dan dua lainnya dari luar negara bagian.

Tak ada indikasi ammonia anhidrat, yang berubah dari bentuk cair menjadi gas saat terpapar udara, terlibat langsung dalam kecelakaan ini.

Namun pihak otoritas mengatakan kebocoran gas yang terjadi setelah kecelakaan membuat evakuasi terjadi di pusat dan selatan Illinois.

Kepolisian Illinois diberitahu mengenai kecelakaan yang terjadi di Jalan Raya 40 sekitar setengah mil sebelah timur Teutopolis di Effringham County, sekitar 20 mil sebelah selatan Chicago, Jumat, sekitar pukul 9.25 malam.

Petugas mengungkapkan truk yang membawa amonia anhidrat mulai mengalami kebocoran setelah terguling ke parit.

Truk tersebut diketahui membawa sekitar 7.500 galon amonia anhidrat pada saat kecelakaan terjadi.

Badan Perlindungan Lingkungan Illinois (EPA) dalam sebuah pernyataan mengungkapkan menurut perkiraan awal sekitar 4.000 galon telah terlepas.

Baca Juga: Ethiopia Dijangkiti Wabah Malaria, 36 Orang Tewas dalam 2 Bulan

Mereka mengatakan kebocoran sebagian telah diperbaiki.

Amonia anhidrat adalah cairan dan gas tak berwarna dengan bau menyengat dan mampu membakar kulit, mengiritasi mata, dan menyerang saluran udara.


Jika dihirup dalam konsemntrasi yang cukup, dapat membakar dan melumpuhkan sistem pernapasan serta menyebabkan kematian.

Amonium anhidrat adalah bahan dasar pupuk nitrogen, bahan pokok pertanian kontemporer yang umum di negara pertanian.



Sumber : NBC News


BERITA LAINNYA



Close Ads x