Kompas TV internasional kompas dunia

Bom Meledak dalam Perayaan Maulid Nabi di Pakistan, 21 Tewas dan Puluhan Terluka

Kompas.tv - 29 September 2023, 15:41 WIB
bom-meledak-dalam-perayaan-maulid-nabi-di-pakistan-21-tewas-dan-puluhan-terluka
Seorang anak korban luka serangan bom di Provinsi Balochistan, Pakistan dirawat di sebuah rumah sakit Jumat (29/9/2023). Serangan bom bunuh diri saat acara peringatan Maulid Nabi Muhammad di Provinsi Balochistan, Pakistan menewaskan setidaknya 21 orang. (Sumber: District Police Office via AP)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Gading Persada

QUETTA, KOMPAS.TV - Acara perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW di Mastung, Provinsi Balochistan, barat daya Pakistan diserang ledakan kuat pada Jumat (29/9/2023). Associated Press melaporkan, setidaknya 21 orang tewas dan lebih dari 50 terluka akibat serangan bom ini.

Polisi menduga ledakan besar ini disebabkan serangan bom bunuh diri. Hingga berita ini diturunkan, belum ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab atas serangan bom saat Maulid Nabi di Pakistan.

"Ini terlihat seperti serangan bunuh diri," kata seorang perwira polisi di Balochistan, Javed Lehri dikutip Al Jazeera. Lehri menyebut penyerang meledakkan diri di dekat kendaraan Wakil Inspektur Polisi Pakistan Nawaz Gishkori.

Baca Juga: Pernak Pernik Maulid Ramai diburu Warga

Kementerian Dalam Negeri Pakistan menyatakan bahwa serangan di Balochistan ini diluncurkan oleh "elemen-elemen teroris."

"Serangan kepada orang-orang tak berdosa yang datang untuk menghadiri upacara Maulid Nabi adalah tindakan yang sangat tercela," demikian pernyataan Kementerian Dalam Negeri Pakistan.


 

Korban luka disebut segera dibawa ke rumah sakit terdekat. Pihak kepolisian melaporkan bahwa sebagian korban luka dalam kondisi kritis.

Maulid Nabi atau peringatan hari kelahiran Nabi Muhammad umum dirayakan di berbagai belahan bumi. Namun, sejumlah denominasi menganggap upacara tersebut sebagai bidah.

Provinsi Balochistan sendiri pernah menjadi sasaran serangan kelompok bersenjata. Pada awal September, serangan bom di Balochistan melukai 11 orang, termasuk seorang pemuka agama terkenal.

Baca Juga: Massa di Pakistan Rusak 17 Gereja dan 100 Rumah, Ternyata Terhasut Fitnah

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x