Kompas TV internasional kompas dunia

Wakil Sheriff Los Angeles County Tewas Setelah Mobil Patrolinya Ditembak

Kompas.tv - 18 September 2023, 08:00 WIB
wakil-sheriff-los-angeles-county-tewas-setelah-mobil-patrolinya-ditembak
Wakil Sheriff Los Angeles County tewas setelah ditembak di dalam mobil patrolinya pada Sabtu malam, 16 September 2023. Hingga kini belum diketahui siapa pelaku penembakan dan penyelidikan masih terus dilakukan. (Sumber: Los Departemen Sheriff Angeles County melalui AP)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Iman Firdaus

CALIFORNIA, KOMPAS.TV — Wakil Sheriff Los Angeles County meninggal setelah ditembak di dalam mobil patrolinya pada Sabtu malam (16/9/2023)  waktu setempat oleh penyerang tak dikenal. Hingga saat ini penyelidikan untuk mengungkap kasus tersebut masih terus dilakukan.

“Deputi Ryan Clinkunbroomer, 30, meninggal setelah dibawa ke rumah sakit”, kata Sheriff Robert Luna seperti dikutip dari Associated Press.

Investigasi awal menunjukkan Clinkunbroomer sedang mengemudi saat sedang bertugas dan ditembak sekitar pukul 6 sore.

Clinkunbroomer tidak sadarkan diri di dalam kendaraan ketika dia ditemukan di dekat persimpangan Sierra Highway dan Avenue Q di Palmdale oleh seorang warga. Ia kemudian melaporkan penembakan ini kepada personel polisi di stasiun Palmdale.

Baca Juga: Ekuador Membara, Penembakan Jelang Pilpres Kembali Terjadi, Kali Ini Mantan Wapres Terancam

Wakil Sheriff tersebut kemudian dibawa ke Antelope Valley Medical Center di Lancaster, di mana dia dirawat karena luka tembak.

“Meskipun staf medis telah berupaya sebaik mungkin untuk menyelamatkan nyawa wakil sheriff kami, sayangnya dia meninggal karena luka-luka yang dideritanya,” kata Luna.

Penyelidik bagian pembunuhan mengetahui kejadian itu dari video CCTV yang merekam penembakan tersebut.
Luna mengatakan dia yakin penembakan itu adalah serangan yang ditargetkan. Namun motifnya, dan apakah wakil sheriff atau departemen sheriff secara umum menjadi sasarannya, hingga kini belum diketahui.

“Kami akan menangkap orang yang melakukan ini,” kata Luna. “Karena semua sumber daya yang dimiliki oleh Departemen Sheriff Los Angeles County akan mengejar Anda.”

Clinkunbroomer, yang dipindahkan ke stasiun Palmdale pada Juli 2018, adalah petugas generasi ketiga di keluarganya yang memilih profesi yang sama. Dia mengikuti jejak kakek dan ayahnya untuk bekerja di departemen sheriff.

Gubernur California Gavin Newsom menyebut pembunuhan itu mengerikan, tidak masuk akal, dan mengejutkan. Dia memerintahkan bendera di gedung parlemen negara bagian tersebut dikibarkan setengah tiang untuk menghormati Clinkunbroomer.

“Di masa berkabung ini, kami menghormati warisan ini dan menyampaikan simpati terdalam kami kepada tunangan Deputi Clinkunbroomer, orang-orang yang dicintainya, orang-orang di Departemen Sheriff Los Angeles County,” kata Newsom dalam sebuah pernyataan pada hari Minggu. “Pengabdian Deputi Clinkunbroomer kepada masyarakat dan negara tidak akan pernah terlupakan,” ujar Gubernur.

Baca Juga: Pelaku Penembakan di Auckland Diidentifikasi, Piala Dunia Wanita di Selandia Baru Tetap Berlangsung

“Palmdale mencintai para deputi sheriff, dan para deputi sangat memperhatikan Palmdale dan juga mencintai komunitas kami,” kata Walikota Laura Bettencourt pada konferensi pers. “Orang yang melakukan ini adalah seorang pengecut dan mereka akan ditangkap.”


 

“Ini adalah berita yang memuakkan dan memilukan,” Senator negara bagian Partai Republik Scott Wilk, yang mewakili Palmdale, memposting pada Sabtu malam di X, platform yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter.
 



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x