Kompas TV internasional kompas dunia

Setelah Menlu, Kini Menhan China Hilang, Kabinet Xi Jinping Disebut Mirip Latar Novel Misteri

Kompas.tv - 15 September 2023, 20:42 WIB
setelah-menlu-kini-menhan-china-hilang-kabinet-xi-jinping-disebut-mirip-latar-novel-misteri
Menteri Pertahanan China Jenderal Li Shangfu. Li Shangfu hilang dari muka publik selama lebih dari tiga pekan terkini. Hilangnya Li Shangfu pun menimbulkan berbagai spekulasi tentang nasib pejabat berusia 65 tahun tersebut.(Sumber: AP Photo)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Gading Persada

BEIJING, KOMPAS.TV - Jadi misteri. Menteri Pertahanan China Li Shangfu hilang dari muka publik selama lebih dari tiga pekan terkini. Hilangnya Li Shangfu pun menimbulkan berbagai spekulasi tentang nasib pejabat berusia 65 tahun tersebut.

Hilangnya Li Shangfu mengikuti jejak eks Menteri Luar Negeri Qin Gang yang juga hilang pada Juli 2023 lalu. Pemerintah China kemudian mengumumkan Qin Gang dibebastugaskan tanpa memberikan alasan lebih lanjut.

Pada Jumat (14/9/2023), Financial Times melaporkan bahwa Amerika Serikat (AS) yakin Li Shangfu telah dipecat juga dan tengah diinvestigasi otoritas China.

Baca Juga: Elon Musk Bikin Taiwan Ngamuk Usai Disebut Bagian dari China, Langsung Dibalas

Sementara itu, Li Shangfu dikabarkan juga tidak jadi mengikuti rapat dengan pejabat Kementerian Pertahanan Vietnam sepekan lalu. Rapat yang dijadwalkan pada 7-8 September itu ditunda dan Beijing beralasan ke Hanoi bahwa Li Shangfu mengalami "masalah kesehatan."

Li Shangfu sendiri dikenal sebagai pendukung setia Presiden China Xi Jinping. Ia terakhir kali terlihat di muka umum saat menyampaikan pidato di Forum Keamanan dan Perdamaian Afrika yang dilangsungkan di Beijing, 29 Agustus 2023.

Maraknya pejabat hilang sebelum dipecat di China membuat spekulasi-spekulasi bermunculan mengenai nasib Li Shanfu. Sebelum Menteri Luar Negeri Qin Gang dipecat,

Beijing juga mendepak Li Yuchao, komandan Pasukan Roket China, unit yang mengawasi senjata nuklir. Sebelum dipecat, Li Yucahao tidak muncul di muka umum selama beberapa pekan.


 

Duta Besar AS untuk Jepang Rahm Emanuel mempertanyakan nasib Li Shangfu. Ia pun menyorot selubung misteri di kabinet Xi Jinping, disebutnya mirip latar novel cerita detektif Agatha Christie, And Then There Were None.

Rahm Emmanuel juga menyampaikan bahwa Li Shangfu "tidak terlihat atau berkabar selama tiga pekan". Ia menduga Li Shangfu dikenai tahanan rumah.

Beijing sendiri urung membuat pernyataan resmi mengenai nasib Li Shangfu. Seorang juru bicara Kementerian Luar Negeri China mengaku "tidak tahu situasinya" saat ditanya mengenai nasib Menteri Pertahanan China tersebut.

Baca Juga: Kim Jong-Un Muncul dengan Putrinya di Ulang Tahun ke-75 Korea Utara, Putin-Xi Jinping Kirim Pesan

 



Sumber : Al Jazeera


BERITA LAINNYA



Close Ads x