Kompas TV internasional kompas dunia

Tutup KTT ke-43 ASEAN, Jokowi: Mari Kukuhkan Kawasan Indo-Pasifik sebagai Teater Perdamaian

Kompas.tv - 7 September 2023, 18:49 WIB
tutup-ktt-ke-43-asean-jokowi-mari-kukuhkan-kawasan-indo-pasifik-sebagai-teater-perdamaian
Presiden Joko Widodo atau Jokowi saat menyampaikan pidato penutupan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN di Jakarta, Kamis (7/9/2023).  (Sumber: Tangkap Layar Kompas TV.)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak seluruh pemimpin ASEAN dan mitra untuk dapat mengukuhkan kawasan Indo-Pasifik sebagai teater perdamaian dan inklusivitas.

Hal ini disampaikan Kepala Negara Indonesia ini dalam pidato penutupan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN di Jakarta, Kamis (7/9/2023). 

"Mari kita kukuhkan kawasan Indo-Pasifik sebagai teater perdamaian dan inklusivitas," kata Jokowi.

Ia menilai hal tersebut penting sebagai fondasi kunci yang akan mengantarkan ASEAN ke masa depan lebih baik untuk rakyat dan dunia.

"Inilah esensi yang dibangun keketuaan Indonesia menjadikan ASEAN Matters sebagai Epicentrum of Growth," ujarnya. 

Namun demikian, lanjutnya, tugas ASEAN belum selesai. Sebab, pekerjaan besar ASEAN tidak mungkin selesai dalam satu keketuaan saja.

"Tapi tugas kita belum selesai, pekerjaan besar ASEAN tidak mungkin selesai dalam satu keketuaan saja, kita akan terus menghadapi beragam dinamika, kompleksitas, dan tantangan global," jelasnya.

"Untuk itu kita harus bahu-membahu menavigasi tantangan menjadi peluang, menavigasi rivalitas menjadi kolaborasi, menavigasi eksklusivitas menjadi inklusivitas dan menavigasi perbedaan menjadi persatuan," ucapnya.

Baca Juga: Prabowo Buka Suara soal Ketidakhadiran Presiden AS Joe Biden di KTT Ke-43 ASEAN

Sementara itu, terkait KTT ke-43 ASEAN yang telah digelar selama tiga hari ini, Jokowi menyebut telah menghasilkan 90 outcome dan kesepakatan-kesepakatan dengan para mitra.

"Selama tiga hari ini, 12 pertemuan KTT telah diselenggarakan dan menghasilkan 90 outcome documents dan sejumlah kesepakatan-kecepatan konkret dengan mitra," ungkapnya.

Jokowi kemudian mengatakan selama pertemuan-pertemuan tersebut, dirinya menangkap optimisme dan energi yang positif dari seluruh tamu negara yang hadir dalam KTT.

"Jujur saya katakan, ini menguatkan harapan, ini menguatkan semangat, untuk terus melanjutkan perjuangan, mewujudkan kawasan yg damai, kawasan yang stabil, dan kawasan yang sejahtera," ucapnya.

Sebagai informasi, KTT ke-43 ASEAN berlangsung pada 5-7 September 2023.

KTT ASEAN untuk pertama kalinya dilakukan dua kali dalam setahun secara fisik. Sebelumnya, KTT ke-42 sudah dilakukan di Labuan Bajo, 10-11 Mei 2023.

Baca Juga: Keren, Gedung-gedung SCBD Disulap Jadi Layar Raksasa saat Gala Dinner KTT ASEAN


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x