Kompas TV internasional kompas dunia

Xi Jinping Absen di KTT G20 India, Joe Biden Kecewa

Kompas.tv - 4 September 2023, 17:05 WIB
xi-jinping-absen-di-ktt-g20-india-joe-biden-kecewa
Presiden China Xi Jinping (kiri) menerima lencana dari Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa di Gedung Serikat di Pretoria, Afrika Selatan, Selasa, 22 Agustus 2023. (Sumber: AP Photo/Themba Hadebe)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

 

BEIJING, KOMPAS.TV - Presiden China Xi Jinping dilaporkan tidak akan berangkat ke Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di New Delhi, India, akhir pekan ini. Perdana Menteri China Li Qiang akan memimpin delegasi Beijing dalam forum tersebut.

"Atas undangan dari pemerintah Republik India, Perdana Menteri Dewan Negara China Li Qiang akan menghadiri KTT G20 ke-18 yang akan digelar di New Delhi, India pada 9 dan 10 September," bunyi keterangan Kementerian Luar Negeri China, Senin (4/9/2023), dikutip Associated Press.

Baca Juga: Parlemen AS Sebut Aliansi China-Rusia Ancaman Terbesar sejak Perang Dunia Kedua

Menanggapi kabar tersebut, Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengaku kecewa. Biden pun menegaskan akan menemui Xi dalam kesempatan lain.

"Saya kecewa, tetapi saya akan menemuinya," kata Biden, dikutip BBC.

Xi Jinping tidak hadir di KTT G20 di tengah memburuknya hubungan China-India. Belakangan ini, New Delhi memprotes peta baru China yang mengeklaim sebagian Arunachal Pradesh dan dataran tinggi Asai Chin yang berada di India.

Perselisihan perbatasan antara India dan China sempat menimbulkan bentrokan tentara pada 2020 silam. Sebanyak 20 tentara India dan empat tentara China tewas dalam insiden ini.

India, belakangan menggusur China sebagai negara berpopulasi terbanyak di dunia, merupakan rival Beijing dalam hal teknologi, perdagangan global, dan eksplorasi antariksa. 

Baca Juga: Terobosan India, Segera Kirim Misi Pengamatan Matahari untuk Pertama Kalinya


 



Sumber : Kompas TV/Associated Press, BBC


BERITA LAINNYA



Close Ads x