Kompas TV internasional kompas dunia

Inggris Berencana Bangun Monumen Peringatan Ratu Elizabeth II

Kompas.tv - 3 September 2023, 15:40 WIB
inggris-berencana-bangun-monumen-peringatan-ratu-elizabeth-ii
Ratu Elizabeth II menghabiskan waktu bersama suami, Pangeran Philip dan kedua anaknya, Pangeran Charles dan Putri Anne di kompleks Kastil Balmoral, Skotlandia, 15 Agustus 1995. Inggris Raya berencana membangun monumen peringatan untuk mendiang Ratu Elizabeth II. Proyek warisan nasional ini akan dieksekusi oleh sebuah komite independen dan akan diresmikan pada 2026 mendatang, tepat 100 tahun kelahiran Ratu Elizabeth II. (Sumber: Associated Press)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Deni Muliya

LONDON, KOMPAS.TV - Inggris Raya berencana membangun monumen peringatan untuk mendiang Ratu Elizabeth II.

Proyek warisan nasional ini akan dieksekusi oleh sebuah komite independen dan akan diresmikan pada 2026 mendatang, tepat 100 tahun kelahiran Ratu Elizabeth II.

Komite independen yang ditunjuk disebut akan mempertimbangkan dan merekomendasikan proposal monumen peringatan yang dinilai "layak" untuk pemimpin monarki dengan masa kekuasaan terlama di Inggris Raya tersebut.

Baca Juga: Ratu Elizabeth II Tenyata Hadapi Ancaman Pembunuhan saat Kunjung AS Pada 1983

Ratu Elizabeth II meninggal dunia di Balmoral, Skotlandia pada usia 96 tahun, September 2022 lalu. Wanita ini berkuasa sejak 1952.

Komite independen itu akan didukung oleh pemerintah Inggris Raya dan Keluarga Kerajaan.

Mantan sekretaris pribadi Elizabeth II, Lord Robin Janvrin telah ditunjuk menjadi pemimpin komite tersebut per Minggu (3/9/2023).

Lord Janvrin diperkirakan akan dibersamai pakar dan tokoh senior yang ditunjuk dalam waktu dekat.

Komite ini bertugas meriset kehidupan Elizabeth II sebagai pelayan masyarakat, isu-isu yang diperjuangkan Elizabeth II.

Komite ini disebut juga akan mempertimbangkan masukan masyarakat.

Hasil pembahasan komite independen itu nantinya akan dibawa ke Raja Charles III dan perdana menteri Inggris Raya untuk mendapatkan persetujuan.

"Adalah sebuah kehormatan diminta mengetuai komite peringatan Ratu Elizabeth," kata ketua komite, Lord Janvrin dikutip SBS, Minggu (3/9).

"Akan menjadi tantangan tersendiri untuk mencoba merekam kontribusi luar biasa Mendiang Yang Mulia terhadap kehidupan nasional kita lewat masa kekuasaannya yang panjang untuk generasi mendatang," lanjutnya.

Baca Juga: Kisah Cinta Elizabeth dan Philip: 74 Tahun Hidup Bersama, Dikubur Bersisian untuk Selamanya



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x