Kompas TV internasional kompas dunia

Jokowi Temui Presiden Kenya, Hibahkan Mesin Pompa Minyak Goreng dan 5 Ribu Liter Minyak Sawit

Kompas.tv - 21 Agustus 2023, 18:53 WIB
jokowi-temui-presiden-kenya-hibahkan-mesin-pompa-minyak-goreng-dan-5-ribu-liter-minyak-sawit
Presiden Joko Widodo tiba di State House, Nairobi, Republik Kenya, pada Senin (21/8/2023). Ketibaannya langsung disambut hangat oleh Presiden Republik Kenya William Ruto di halaman depan State House. (Sumber: Laily Rachev/Biro Pers Sekretariat Presiden)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

NAIROBI, KOMPAS.TV - Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi diagendakan melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Kenya William Ruto pada hari kedua kunjungan di negara itu, Senin (21/8/2023).

Agenda Jokowi di Nairobi pada Senin diawali dengan penyambutan kenegaraan oleh William Ruto di State House Kenya.

Menurut siaran pers Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, penyambutan di State House diakhiri dengan jamuan santap siang kenegaraan untuk delegasi Indonesia.

Turut mendampingi Jokowi dalam delegasi Indonesia adalah Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, serta Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif.

Baca Juga: Presiden Jokowi Kunjungi Afrika untuk Pertama Kalinya: Saya Bawa Spirit Bandung untuk Global South

Setelah penyambutan, Jokowi disebut akan meletakkan karangan bunga di makam pejuang kemerdekaan sekaligus perdana menteri dan presiden pertama Kenya, Jomo Kenyatta. 

Kemudian, Jokowi menuju kawasan Dagoretti, Nairobi untuk menyerahkan hibah mesin pompa minyak goreng dan 5.000 liter minyak sawit secara simbolis.

Setelah mengunjungi Kenya, Jokowi dilaporkan akan mengunjungi Tanzania, Mozambik, dan Afrika Selatan. Ini merupakan kunjungan pertama Jokowi ke Benua Afrika sejak menjabat sebagai presiden pada 2014 silam.

Di Afrika Selatan, Jokowi dijadwalkan memenuhi undangan untuk menghadiri KTT BRICS yang berlangsung pada 22-24 Agustus 2023.

“Tentunya, di sela-sela KTT BRICS akan dilakukan berbagai pertemuan bilateral dengan kepala-kepala negara yang lainnya,” kata Jokowi, dikutip dari laman resmi Kementerian Luar Negeri RI.

Baca Juga: BRICS Rayu Global South dengan Narasi Kekuatan Alternatif, Media Rusia Klaim Indonesia Tertarik


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x