Kompas TV internasional kompas dunia

Satu Rumah WNI Hancur dalam Kebakaran Hawaii, Pemilik Dipastikan Aman

Kompas.tv - 13 Agustus 2023, 16:03 WIB
satu-rumah-wni-hancur-dalam-kebakaran-hawaii-pemilik-dipastikan-aman
Seorang bocah laki-laki mengendarai sepeda motor melewati bangunan yang hangus akibat kebakaran di Lahaina, Hawaii, Amerika Serikat, Jumat, 11 Agustus 2023. (Sumber: AP Photo/Rick Bowmer)

JAKARTA, KOMPAS.TV -  Kementerian Luar Negeri RI mengonfirmasi, terdapat satu rumah milik warga negara Indonesia (WNI) yang hangus terbakar dalam kebakaran Hawaii pekan ini. Keluarga pemilik rumah dipastikan aman dan tidak ada korban jiwa WNI dalam kebakaran Hawaii.

Kebakaran yang melanda kota Lahaina, Pulau Maui, Hawaii, Amerika Serikat (AS) pada Selasa (8/8/2023) malam waktu setempat menewaskan 89 orang per Sabtu (12/8). Otoritas terkait menyebut korban jiwa kemungkinan bertambah dan cakupan pencarian dan penyelamatan baru 3 persen.

Baca Juga: Korban Jiwa Kebakaran Hawaii Tembus 89 dan Kemungkinan Bertambah, Cakupan SAR Baru 3 Persen

Kebakaran ini turut menghanguskan rumah WNI berinisial RS (55). RS tinggal di Maui, Hawaii, bersama suaminya, warga negara AS, dan anak mereka.

"Berdasarkan hasil penelusuran tim Perlindungan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Los Angeles (LA), tidak ada korban WNI dalam musibah kebakaran di Maui, Hawaii," kata Juru bicara Kementerian Luar Negeri RI Teuku Faizasyah, dikutip Kompas.com, Minggu (13/8/2023).

Teuku Faizasyah menambahkan, KJRI LA telah berkomunikasi dengan RS. Ia menyebut RS dan keluarganya telah mengungsi di lokasi pengungsian aman yang disediakan pemerintah setempat.

"Berdasarkan hasil penelusuran tim Perlindungan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Los Angeles (LA), tidak ada korban WNI dalam musibah kebakaran di Maui, Hawaii."

RS dan warga Hawaii lain tinggal sementara di War Memorial Stadium Complex di Wailuku, Hawaii. Ia pun meminta WNI yang merasa kesulitan atau ingin mendapat informasi terkait kebakaran Hawaii untuk menghubungi KJRI Los Angeles.

Baca Juga: Penampakan Pulau Maui Hawaii dari Udara Pasca Kebakaran Hutan Dahsyat


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x