Kompas TV internasional kompas dunia

Sweater Domba Hitam Ikonik Putri Diana Masuk Lelang, Diperkirakan Laku Rp700 Juta

Kompas.tv - 18 Juli 2023, 11:43 WIB
sweater-domba-hitam-ikonik-putri-diana-masuk-lelang-diperkirakan-laku-rp700-juta
Sebuah sweater merah bergambar sekelompok domba putih dengan satu domba hitam yang pernah dipakai oleh Putri Diana saat muda diperkirakan akan terjual dengan harga lebih dari Rp700 juta dalam sebuah lelang. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Iman Firdaus

LONDON, KOMPAS.TV - Sebuah sweater merah bergambar sekelompok domba putih dengan satu domba hitam yang pernah dipakai oleh Putri Diana saat muda diperkirakan akan terjual dengan harga lebih dari Rp700 juta dalam sebuah lelang.

Sweater wol dengan pola bermain yang menampilkan seekor domba hitam di antara gambar domba putih menjadi sorotan dalam acara lelang Fashion Icons daring Sotheby’s pada bulan September, seperti yang dilaporkan oleh Associated Press, Selasa, (18/7/2023).

Putri Diana Spencer yang berusia 19 tahun difoto mengenakan pakaian tersebut saat pertandingan polo pada bulan Juni 1981, tak lama setelah pertunangannya dengan Pangeran Charles, yang saat itu merupakan pewaris takhta Inggris.

Diana sudah mulai menjadi ikon gaya dan salah satu wanita yang paling banyak difoto di dunia, dan momen tersebut memberikan dorongan besar bagi para perancang Sally Muir dan Joanna Osborne, yang membuat sweater ini untuk label pakaian rajutan mereka, Warm & Wonderful.

Beberapa minggu kemudian, Muir dan Osborne menerima surat resmi dari Istana Buckingham yang menjelaskan Diana merusak sweater tersebut dan bertanya apakah sweater tersebut bisa diperbaiki atau diganti.

Sweater aslinya dikembalikan, menunjukkan kerusakan pada salah satu lengan yang menurut para perancang mungkin disebabkan oleh tersangkut cincin pertunangan berlian dan safir milik Diana.

Baca Juga: Putri Diana, Perempuan 'Udik' yang Pernah Mendobrak Tradisi Kerajaan, Berikut Fakta Lain Tentangnya

Sebuah sweater merah bergambar sekelompok domba putih dengan satu domba hitam yang pernah dipakai oleh Putri Diana saat muda diperkirakan akan terjual dengan harga lebih dari Rp700 juta dalam sebuah lelang. (Sumber: AP Photo)

Sebuah sweater baru pun dirajut dan dikirimkan, dan Diana difoto mengenakannya dengan celana jeans putih dan dasi pita hitam pada sebuah acara pada tahun 1983.


Ada spekulasi Diana menyukai pola "domba hitam" karena merasa sebagai orang asing di keluarga kerajaan. Emma Corrin bahkan mengenakan replika sweater tersebut sebagai sosok muda Diana dalam musim empat dari serial "The Crown."

Warm & Wonderful hingga saat ini masih memproduksi versi katun dari desain tersebut, yang dijual seharga 190 poundsterling (sekitar Rp3 juta). Osborne menemukan sweater asli tersebut terlupakan dalam sebuah kotak di loteng awal tahun ini.

Cynthia Houlton, kepala global mode dan aksesori Sotheby's, mengatakan, "pakaian yang luar biasa ini, dengan cermat dipelihara, membawa getaran keanggunan, pesona, dan pandangan tajam Putri Diana tentang fesyen."

Sweater ini, yang memiliki perkiraan harga antara Rp700 juta hingga Rp1,1 miliar, akan dipamerkan di showroom Sotheby's di New York mulai 7-13 September. Penawaran daring akan dibuka mulai 31 Agustus hingga 14 September.

Rekor tertinggi untuk memorabilia Diana sebelumnya adalah sebesar Rp8,6 miliar untuk sebuah gaun bola rancangan Victor Edelstein yang dijual oleh Sotheby’s pada bulan Januari.



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x