Kompas TV internasional kompas dunia

Puncak Ibadah Haji 2023: Pemerintah Arab Saudi Siapkan 17 Kereta Listrik Khusus untuk Jemaah

Kompas.tv - 26 Juni 2023, 16:04 WIB
puncak-ibadah-haji-2023-pemerintah-arab-saudi-siapkan-17-kereta-listrik-khusus-untuk-jemaah
Kereta listrik Al-Mashaer yang disiapkan khusus dari Pemerintah Arab Saudi untuk jemaah haji pada puncak ibadah haji. (Sumber: Arab News)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Deni Muliya

MAKKAH, KOMPAS.TV - Pemerintah Arab Saudi menyiapkan 17 kereta listrik Al-Mashaer untuk mobilitas jemaah haji selama puncak ibadah haji 2023.

Kereta listrik tersebut dapat diakses melalui sembilan stasiun yang terletak di Mina, Muzdalifah, dan Arafah masing-masing 3 stasiun.

Kepala Stasiun Kereta Listrik Al-Mashaer, Wael E.Softah menjelaskan, kereta listrik itu hanya tersedia selama puncak ibadah haji.

Kereta yang disiapkan khusus untuk jemaah haji itu dapat mengangkut hingga tiga ribu penumpang dan beroperasi selama sepekan.

Dalam tujuh hari, kata Wael, rute kereta akan menyesuaikan sesuai pergerakan ritual rangkaian haji.

"Setiap kereta bisa mengangkut hingga 3.000 penumpang, dan kami menyiapkan 17 kereta. Operasionalnya juga unik, karena kami siapkan lima skema pergerakan dalam tujuh hari," jelas Wael, Minggu (25/6/2023) dilansir dari Antara.

Ia menerangkan, kereta ini hanya beroperasional selama musim haji dan bisa dinaiki secara gratis bagi jemaah yang telah mendaftar dalam paket hajinya.

Baca Juga: Jelang Puncak Haji 2023, Hari Ini Jemaah Indonesia Berangkat ke Arafah untuk Ibadah Wukuf Besok

Meski begitu, jemaah yang tidak mendaftar tetap bisa menggunakannya, namun akan dikenai biaya tiket.

Wael menambahkan, seluruh petugas dan infrastruktur sudah dipersiapkan secara matang sebelum musim haji agar dapat melayani jemaah secara maksimal.

Sementara itu, jemaah haji asal Indonesia menggunakan transportasi bus untuk sampai di Arafah dan melaksanakan ibadah wukuf di sana.

Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 2023 telah menyiapkan 1.470 bus yang mengantar jemaah Indonesia dari Makkah menuju Arafah.

“Jemaah calon haji Indonesia diangkut 1.470 bus untuk pergerakan dari Mekkah menuju Arafah,” kata Kasi Transportasi Daker Makkah Asep Subhana, Senin (26/6/2023).

Baca Juga: Mayoritas Calon Jemaah Haji Indonesia 2023 adalah Ibu Rumah Tangga, Simak 7 Fakta Lainnya

Asep menerangkan, 1.470 yang digunakan oleh jemaah calon haji Indonesia itu terdiri dari 21 bus per maktab yang akan melakukan tiga kali putaran untuk penjemputan jemaah dan masing-masing bus sudah disiapkan 47 tempat duduk.

Dia mengatakan, pada Senin(26/6) pukul 07.00 Waktu Arab Saudi, jamaah sudah mulai diangkut bus untuk menuju ke Arafah dan mereka diangkut secara bergelombang.

“Bus akan berputar sebanyak tiga kali untuk mengangkut tiga ribu calon haji. Masing-masing bus di satu maktab akan berputar tiga kali,” jelas Asep.


 



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x