Kompas TV internasional kompas dunia

4 Pemukim Israel Dibunuh dalam Serangan Balasan Palestina, Pelaku Tewas

Kompas.tv - 21 Juni 2023, 02:05 WIB
4-pemukim-israel-dibunuh-dalam-serangan-balasan-palestina-pelaku-tewas
Tentara Israel menahan warga Palestina di Yerusalem. Empat pemukim Israel dilaporkan tewas ditembak dua pria Palestina bersenjata api di dekat sebuah permukiman ilegal di kawasan Tepi Barat. Serangan ini diduga menjadi balasan atas operasi militer Israel di kamp pengungsian Jenin pada Senin (19/6) lalu. (Sumber: WAFA)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

YERUSALEM, KOMPAS.TV - Empat pemukim Israel dilaporkan tewas ditembak dua pria Palestina bersenjata api di dekat sebuah permukiman ilegal di kawasan Tepi Barat. Serangan ini diduga menjadi balasan atas operasi militer Israel di kamp pengungsian Jenin pada Senin (19/6) lalu.

Selain empat orang tewas, serangan Palestina ini juga menyebabkan empat korban lain mengalami luka-luka. Salah satu pelaku ditembak mati di tempat oleh pasukan Israel, pelaku kedua ditembak mati ketika berupaya kabur di dekat Nablus.

Baca Juga: Israel Serang Kamp Pengungsian Palestina dengan Helikopter Apache: 4 Orang Tewas, Puluhan Terluka

"Tersangka menembaki sebuah pom bensin dekat pintu masuk permukiman Eli yang terletak di antara Ramallah dan Nablus," kata jurnalis Al Jazeera di Yerusalem Timur, Imran Khan, Selasa (20/6).

Merespons penembakan ini, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengadakan rapat darurat. Pemerintahan Netanyahu diketahui menghendaki operasi militer berskala besar di Tepi Barat.

Sementara itu, kelompok milisi Hamas dan Jihad Islam memuji aksi penembakan ini, menyebutnya tindakan balasan Palestina atas operasi militer Israel.

Kekerasan di Tepi Barat dan Yerusalem Timur meruncing setahun belakangan. Sejak awal 2023, pasukan Israel telah menewaskan setidaknya 160 orang Palestina, termasuk 26 anak-anak.

Baca Juga: Lagi, Israel Paksakan Izin Pembangunan Ribuan Gedung Perumahan di Tepi Barat


 

 



Sumber : Al Jazeera


BERITA LAINNYA



Close Ads x