Kompas TV internasional kompas dunia

Ukraina Klaim Serangan Balik di Selatan Sukses, Pukul Mundur Rusia Sejauh 2 Km

Kompas.tv - 17 Juni 2023, 18:02 WIB
ukraina-klaim-serangan-balik-di-selatan-sukses-pukul-mundur-rusia-sejauh-2-km
Pasukan Operasi Khusus Ukraina menembakkan howitzer 122 mm D-30 ke arah posisi pasukan Rusia di wilayah Kherson, Ukraine, Selasa, 13 Juni 2023. (Sumber: AP Photo/Felipe Dana)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

 

KIEV, KOMPAS.GV - Wakil Menteri Pertahanan Ukraina Hanna Maliar mengeklaim serangan balik yang berlangsung di wilayah selatan mencapai “kesuksesan taktis.” Ia menyebut pasukan Ukraina berhasil memukul mundur pasukan Rusia sejauh dua kilometer di selatan.

Hanna Maliar menyatakan pasukannya terlibat “pergerakan aktif” untuk menyerang daerah yang diduduki Rusia di selatan Ukraina.

Baca Juga: Putin Telah Tempatkan Senjata Nuklir Rusia di Belarusia, AS: Tak Ada Indikasi akan Serang Ukraina

“Secara praktis, di semua sektor tempat unit kami menyerang di selatan, mereka mencatatkan kesuksesan taktis,” kata Maliar, dikutip The Guardian, Sabtu (17/6/2023).

“Mereka maju secara bertahap. Saat ini, mereka maju hingga 2 km di setiap arah serangan,” lanjutnya.

Di lain pihak, Rusia belum berkomentar mengenai klaim kemajuan Ukraina. Moskow pun menyebut pasukannya menerakan kerugian besar ke pasukan Ukraina selama 24 jam belakangan.

Di lain sisi, Kementerian Pertahanan Inggris Raya menyatakan Rusia berupaya memperkuat unit helikopter penyerang di selatan Ukraina.

“Gambar satelit menunjukkan tambahan lebih dari 20 helikopter Rusia diterjunkan ke bandara Berdyansk, sekitar 100 km dari garis depan,” demikian bunyi laporan intelijen Inggris Raya.

“Sepertinya Rusia mendapatkan keunggulan temporer di selatan Ukraina, khususnya dengan helikopter penyerang yang dipasangi rudal jarak jauh terhadap target darat.”

Baca Juga: Putin: Jika Ukraina Terus Serang Wilayah Rusia, Moskow akan Pertimbangkan Membuat Zona Penyekat


 



Sumber : The Guardian


BERITA LAINNYA



Close Ads x