Kompas TV internasional kompas dunia

Makin Parah, Pasukan Paramiliter Sudan Bunuh Gubernur Darfur Barat Usai Bantai Warga Kota

Kompas.tv - 16 Juni 2023, 01:05 WIB
makin-parah-pasukan-paramiliter-sudan-bunuh-gubernur-darfur-barat-usai-bantai-warga-kota
Pertempuran di Sudan makin berdarah, gubernur Darfur Barat di Sudan Khamis Abdallah Abkar dibunuh tak lama setelah ia menyalahkan kelompok paramiliter Pasukan Dukungan Cepat (RSF) atas kekerasan di negara itu, seperti laporan Anadolu, Kamis, (15/6/2023). (Sumber: Anadolu)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

KHARTOUM, KOMPAS.TV - Pertempuran di Sudan makin berdarah, gubernur Darfur Barat di Sudan Khamis Abdallah Abkar dibunuh tak lama setelah ia menyalahkan kelompok paramiliter Pasukan Dukungan Cepat (RSF) atas kekerasan di negara itu, seperti laporan Anadolu, Kamis (15/6/2023).

Video yang viral menunjukkan sekelompok pria bersenjata menangkap Abkar. Cuplikan lain menunjukkan gubernur itu terbaring di tanah dengan luka pada leher dan muka.

Kematian Abkar terjadi beberapa saat setelah ia dalam sebuah wawancara menyalahkan RSF atas gelombang pembunuhan dan penjarahan di Geneina, ibu kota Darfur Barat.

Dalam sebuah pernyataan, tentara Sudan menuduh RSF menculik dan membunuh sang gubernur, "Perilaku mengerikan ini menambah babak baru terhadap kejahatan biadab yang dilakukan pasukan paramiliter terhadap warga Sudan, tidak pernah ada kejahatan yang terjadi seperti ini dalam sejarah negara ini," kata pihak militer Sudan.

Tentara Sudan mengatakan gubernur yang terbunuh itu tidak ada hubungannya dengan konflik saat ini antara militer Sudan dengan RSF. Sejauh ini belum ada pernyataan dari kelompok paramiliter terkait tuduhan tersebut.

Kelompok Gerakan Keadilan dan Kesetaraan mengutuk pembunuhan gubernur itu sebagai "perkembangan serius."

"Pembunuhan itu menjadi perpanjangan dari pelanggaran mengerikan yang dilakukan di kota Geneina,” kata kelompok gerakan itu dalam sebuah pernyataan.

Gerakan Tentara Pembebasan Sudan juga mengecam pembunuhan tersebut sebagai "kejahatan hina yang tidak mencerminkan nilai dan moral masyarakat Sudan" dan menyerukan penyelidikan atas kematian Gubernur Darfur Barat itu.

Baca Juga: Terjebak Perang, Puluhan Bayi dan Balita Yatim Piatu Tewas Kelaparan di Panti Asuhan Khartoum Sudan

Asap hasil serangan udara diatas Khartoum, Sudan, Sabtu (20/5/2023). Pertempuran di Sudan makin berdarah, gubernur Darfur Barat di Sudan Khamis Abdallah Abkar dibunuh tak lama setelah ia menyalahkan kelompok paramiliter Pasukan Dukungan Cepat (RSF) atas kekerasan di negara itu, seperti laporan Anadolu, Kamis (15/6/2023). (Sumber: France24)

Ratusan orang tewas dan terluka di Geneina di tengah gelombang penjarahan dalam beberapa pekan terakhir. PBB pada Rabu mengatakan serangan yang meningkat di Darfur bisa menjadi "kejahatan terhadap kemanusiaan".

Sudan porak poranda akibat pertempuran antara tentara dengan RSF sejak pertengahan April. Hampir 1.000 warga sipil tewas dan ribuan lainnya terluka dalam kekerasan itu, menurut petugas medis setempat.

Lebih dari 2,2 juta orang mengungsi akibat konflik yang terjadi saat in di Sudan, menurut keterangan Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM), Rabu (14/6/2-23).

Dalam beberapa bulan terakhir, ketidaksepakatan terjadi antara angkatan bersenjata Sudan dan RSF atas rencana integrasi RSF ke dalam angkatan bersenjata, yang merupakan sebuah syarat kesepakatan transisi Sudan dengan kelompok-kelompok politik.

Sudan berjalan tanpa pemerintahan yang berfungsi sejak Oktober 2021 saat militer membubarkan pemerintahan transisi Perdana Menteri Abdalla Hamdok dan menyatakan keadaan darurat, yakni sebuah langkah yang dikecam oleh kekuatan politik sebagai "kudeta".

Masa transisi pemerintahan di Sudan, yang dimulai pada Agustus 2019 setelah penggulingan Presiden Omal al-Bashir, dijadwalkan berakhir dengan pemilihan umum awal 2024.

 



Sumber : Anadolu


BERITA LAINNYA



Close Ads x