Kompas TV internasional kompas dunia

Ukraina Klaim Rebut Sebuah Desa dari Pasukan Rusia, Moskow Klaim Pukul Mundur Serangan

Kompas.tv - 12 Juni 2023, 03:05 WIB
ukraina-klaim-rebut-sebuah-desa-dari-pasukan-rusia-moskow-klaim-pukul-mundur-serangan
Militer Ukraina mengeklaim berhasil mengambil alih sebuah desa di tenggara meskipun Rusia bersikeras berhasil memukul mundur serangan-serangan di daerah tersebut, seperti laporan Associated Press, Minggu (11/6/2023). (Sumber: Ukraine Military)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

KIEV, KOMPAS.TV - Militer Ukraina mengeklaim berhasil mengambil alih sebuah desa di tenggara, namun Rusia bersikeras berhasil memukul mundur serangan-serangan di daerah tersebut.

Hal ini dipandang menjadi indikasi terbaru bahwa serangan balik Ukraina yang sangat ditunggu-tunggu mungkin sedang berlangsung, meskipun pejabat di Kiev enggan mengakui hal tersebut secara terbuka.

Laporan Associated Press, Minggu (11/6/2023), Brigade Pemukul Ke-68 Pasukan Ukraina mengunggah video di Facebook yang menunjukkan tentara-tentara memasang bendera Ukraina di sebuah bangunan yang rusak di desa Blahodatne di wilayah Donetsk timur yang sebagian diduduki. Dalam unggahan media sosial terpisah, Pasukan Darat Ukraina mengeklaim brigade tersebut berhasil merebut kembali Blahodatne.

Myroslav Semeniuk, juru bicara brigade tersebut, mengatakan kepada Associated Press tim serangan berhasil menangkap enam tentara Rusia setelah masuk ke beberapa bangunan di mana sekitar 60 tentara bersembunyi.

"Musuh terus menembaki kami, tetapi ini tidak akan menghentikan kami," kata Semeniuk. "Desa berikutnya yang kami rencanakan untuk merebut adalah Urozhayne. Setelah itu, (kami akan melanjutkannya) ke selatan."

Meskipun penaklukan kembali Blahodatne menunjukkan kemajuan kecil Ukraina, para pemimpin Barat dan Ukraina berulang kali memperingatkan upaya mengusir pasukan Rusia secara lebih luas diperkirakan akan membutuhkan waktu. Rusia sangat menekankan bagaimana pasukannya berhasil bertahan di tempat lain.

Kementerian Pertahanan Rusia mengeklaim mereka berhasil memukul mundur serangan-serangan Ukraina di daerah tersebut, mengatakan upaya Ukraina untuk melakukan operasi serangan di poros Donetsk selatan dan Zaporizhzhia di garis depan dalam 24 jam terakhir telah "gagal."

Vladimir Rogov, pejabat yang diangkat oleh Rusia di wilayah Zaporizhzhia, mengeklaim bahwa Blahodatne, bersama dua desa lainnya di Zaporizhzhia, berada dalam "area abu-abu" dalam hal siapa yang mengendalikannya. Menurut Rogov, pasukan Ukraina sejenak merebut sebuah desa di wilayah Donetsk tetangga, tetapi mereka segera dikepung oleh pasukan Rusia.

"Situasinya sedang berkembang. Tidak ada yang luar biasa terjadi," kata Rogov dalam unggahan di Telegram.

Baca Juga: Prasyarat Damai Tak Terpenuhi, Kremlin Tolak Dialog dengan Ukraina

Posisi desa Blahodatne yang diklaim berhasil direbut Ukraina. Bagian bawah adalah wilayah yang dikuasai pasukan Rusia. Militer Ukraina mengeklaim berhasil mengambil alih sebuah desa di tenggara meskipun Rusia bersikeras berhasil memukul mundur serangan-serangan di daerah tersebut, seperti laporan Associated Press, Minggu (11/6/2023). (Sumber: Ukraine Military)

Militer Rusia juga menuduh pasukan Ukraina menyerang, meskipun tidak berhasil, salah satu kapal mereka di Laut Hitam.

Menurut pernyataan Kementerian Pertahanan Rusia, serangan tersebut terjadi pada hari Minggu ketika enam perahu cepat tak berawak menargetkan kapal pengintai Rusia, Priazovye, yang sedang "memantau situasi dan memastikan keamanan sepanjang jalur pipa gas TurkStream dan Blue Stream di bagian tenggara Laut Hitam."

Semua perahu cepat tersebut dihancurkan oleh militer Rusia, dan kapal tersebut tidak mengalami kerusakan apa pun, kata kementerian itu. Klaim ini tidak dapat diverifikasi secara independen, dan pejabat Ukraina tidak memberikan komentar segera.

Moskow mengajukan tuduhan serupa bulan lalu dan melaporkan bahwa perahu cepat tak berawak Ukraina menargetkan kapal pengintai lainnya di Laut Hitam, yaitu Ivan Khurs. Beberapa hari kemudian, Kementerian Pertahanan Ukraina mempublikasikan video yang tampaknya menunjukkan sebuah drone laut menuju Ivan Khurs, tetapi tidak menunjukkan drone tersebut menghantam kapal.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengatakan, "Tindakan kontra serangan dan pertahanan sedang berlangsung melawan pasukan Rusia."

Ia enggan mengungkapkan rincian lebih lanjut, tetapi meminta agar pesan tersebut disampaikan kepada Presiden Rusia Vladimir Putin bahwa para komandan teratas Ukraina berada dalam "keadaan pikiran yang positif" saat pasukan mereka terlibat dalam pertempuran sengit di garis depan.

Zelenskyy membuat pernyataan tersebut dalam konferensi pers di Kiev bersama Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, sebagai tanggapan terhadap pertanyaan tentang komentar Putin sehari sebelumnya bahwa serangan balik Ukraina telah dimulai - dan pasukan Ukraina mengalami "kerugian yang signifikan."

Pihak berwenang Ukraina teratas belum mengumumkan secara resmi bahwa serangan balik penuh sedang berlangsung, meskipun beberapa analis Barat mengatakan pertempuran yang lebih sengit dan penggunaan pasukan cadangan yang dilaporkan menunjukkan bahwa hal itu terjadi.

 



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x