Kompas TV internasional kompas dunia

Turis Berduyun-duyun Menonton Gunung Meletus di Hawaii, Pemerintah Imbau Hormati Budaya Lokal

Kompas.tv - 9 Juni 2023, 07:28 WIB
turis-berduyun-duyun-menonton-gunung-meletus-di-hawaii-pemerintah-imbau-hormati-budaya-lokal
Letusan Gunung Api Kilauea menampilkan pemandangan yang indah, Rabu (7/6/2023). Gunung api ini berada jauh dari permukiman manusia dan tidak menimbulkan potensi kerusakan infrastruktur. (Sumber: The Associated Press)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Desy Afrianti

HONOLULU, KOMPAS.TV — Turis berbondong-bondong datang untuk menonton Gunung Kilauea yang tengah erupsi di Hawaii. Letusan Gunung Api Kilauea menampilkan pemandangan yang indah, Rabu (7/6/2023). Atas kedatangan turis ini, pemerintah mengimbau untuk menghormati budaya masyarakat lokal.

Bagi banyak penduduk asli Hawaii, letusan gunung berapi memiliki makna budaya yang mendalam namun sangat pribadi. Beberapa mungkin melantunkan nyanyian, beberapa mungkin berdoa kepada leluhur, dan beberapa mungkin menghormati momen dengan hula, atau tarian. Orang Hawaii meminta agar orang menjaga jarak dengan gunung disertai rasa hormat.

Baca Juga: Gunung Berapi Kilauea Meletus, Masih Berada Dalam Jarak Aman dari Permukiman

“Untuk menghormati signifikansi budaya dan spiritual dari letusan gunung berapi dan area kawah, Otoritas Pariwisata Hawai i mendesak perhatian warga saat merencanakan kunjungan ke gunung berapi tersebut,” kata pemerintah Hawaii seperti dikutip dari Associated Press.

“Jangan hanya mengeluarkan kamera dan mengambil foto. Berhenti dan diamlah dan hormatilah," kata Cyrus Johnasen, juru bicara Hawaii County yang merupakan orang Hawaii. "Itu adalah sesuatu yang tidak dapat Anda bayar. Pada saat itu, Anda menyatu dengan Hawaii," ujarnya.

Dalam mengenali kesucian kawasan itu, ia juga mengimbau pengunjung untuk tidak mengambil batu, menahan diri dari permainan kuda dan tidak merusak tumbuhan.

“Banyak tumbuhan di sana yang asli,” katanya. “Perhatikan saja bahwa Anda akan meninggalkan jejak. Idenya adalah Anda meninggalkan jejak sekecil mungkin.”

Beberapa ribu pemirsa menonton siaran langsung yang memperlihatkan kantung merah lava yang bergerak pada Kamis pagi.

"Kami berada di media sosial, dan kami melihat bahwa itu benar-benar meledak saat kami di sini, jadi kami berkendara dari sisi Kona," kata Andrew Choi, yang mengunjungi keluarganya dari Orange County, California, kepada Hawaii Tribune. 

Baca Juga: Gunung Kilauea di Hawaii Erupsi, Semburkan Air Mancur Lava

"Kami merasa sangat beruntung. Kami belum pernah melihat yang seperti ini," ujarnya.

Pejabat taman menyarankan untuk berkunjung pada waktu yang tidak terlalu ramai sebelum jam 9 pagi atau setelah jam 9 malam. Letusan ini memang dapat disaksikan warga dari jarak aman. 

“Orang-orang di sini di Pulau Hawaii mendapatkan pertunjukan yang spektakuler,” kata Wali Kota Mitch Roth. "Dan itu terjadi di tempat yang aman yang dibangun agar orang bisa melihatnya."



Sumber : Associated Press, Hawaii Tribune


BERITA LAINNYA



Close Ads x