Kompas TV internasional kompas dunia

Pesta Terbuka di Jalan-Jalan Ibu Kota Yordania saat Pernikahan Putra Mahkota

Kompas.tv - 2 Juni 2023, 05:35 WIB
pesta-terbuka-di-jalan-jalan-ibu-kota-yordania-saat-pernikahan-putra-mahkota
Ibu kota Yordania berubah menjadi pesta terbuka hari Kamis (1/6/2023), saat warga turun ke jalan-jalan merayakan pernikahan kerajaan pertama di negara gurun ini dalam beberapa tahun terakhir, serta menikmati peristiwa yang tak terbantahkan tentang pengaruh dan pentingnya Yordania di kawasan. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

AMMAN, KOMPAS.TV - Ibu kota Yordania berubah menjadi pesta terbuka pada hari Kamis (1/6/2023), saat warga turun ke jalan-jalan merayakan pernikahan kerajaan pertama di negara gurun ini dalam beberapa tahun terakhir, serta menikmati peristiwa yang tak terbantahkan tentang pengaruh dan pentingnya Yordania di kawasan.

Seperti laporan Associated Press, Kamis (1/6/2023), rakyat Yordania dari berbagai latar belakang terlihat merasakan kegembiraan atas pernikahan Pangeran Mahkota Hussein dan arsitek Saudi Rajwa Alseif. Rakyat sesaat melupakan perbedaan dan masalah mereka di negara Timur Tengah yang dianggap sebagai mercusuar stabilitas di kawasan Timur Tengah yang penuh gejolak.

Demam pernikahan ini berlangsung selama beberapa minggu, mencapai puncaknya ketika warga Yordania berpakaian dengan syal merah-putih tradisional dan berbagai pakaian megah lainnya, termasuk kaos dengan gambar pasangan tersebut dan cat tubuh yang mengucapkan selamat kepada sang pangeran.

Kerumunan berpakaian khas berkumpul di sekitar layar besar di seluruh negeri untuk menyaksikan perjalanan upacara pernikahan. Keluarga kerajaan dan pejabat penting dari seluruh dunia turun ke Amman untuk menghadiri acara tersebut.

Upacara pernikahan Islam tradisional berlangsung hanya beberapa menit, tetapi warga Yordania mengatakan perayaan akan berlanjut sepanjang malam.

"Hari ini adalah hari yang sangat penting bagi negara saya, dan mereka yang bukan warga Yordania tidak akan mengerti," kata Najwa Issamad, seorang perawat berusia 40 tahun yang menonton anak laki-lakinya menari riuh dengan musik pernikahan pop yang berdentum dari ponsel mereka di pusat kota.

"Ini adalah waktu bagi semua warga Yordania untuk berhenti apa pun yang kita lakukan dan berkata, mari kita merayakan, mari kita bersuka cita," tegas Najwa.

Baca Juga: Silsilah Calon Istri Putra Mahkota Yordania Rajwa Khaled al Saif dengan Keluarga Kerajaan Arab Saudi

Ibu kota Yordania berubah menjadi pesta terbuka, saat warga turun ke jalan-jalan merayakan pernikahan kerajaan pertama di negara gurun ini dalam beberapa tahun terakhir, serta menikmati peristiwa yang tak terbantahkan tentang pengaruh dan pentingnya Yordania di kawasan. (Sumber: AP Photo)

Kerumunan besar memadati jalan-jalan utama ibu kota untuk menyaksikan pasangan kerajaan dalam Land Rover merah mereka dan pengawal berkuda berjalan melintasi kota. Mereka bertepuk tangan, saling mendorong, dan bernyanyi dengan gembira.

Semangat perayaan bahkan memengaruhi mereka yang biasanya tidak terlalu tergugah. Ada sesuatu yang kuat tentang bagaimana pernikahan kerajaan dapat mengungkapkan sisi keluarga yang kepribadiannya sering kali tersembunyi di balik keangkuhan dan kesopanan, kata Deema Abu Sharaf, seorang gadis berusia 19 tahun yang dengan jujur mengakui bahwa dia "bukan orang yang terobsesi seperti itu."

"Ini adalah kesempatan saya untuk menonton mereka, untuk melihat apakah mereka terlihat sedang bersenang-senang," katanya.



Sumber : Associated Press



BERITA LAINNYA



Close Ads x