Kompas TV internasional kompas dunia

AS Umumkan Pembukaan Kantor Diplomatik Paling Utara di Norwegia, Berlokasi di Atas Lingkaran Arktik

Kompas.tv - 2 Juni 2023, 01:05 WIB
as-umumkan-pembukaan-kantor-diplomatik-paling-utara-di-norwegia-berlokasi-di-atas-lingkaran-arktik
Amerika Serikat akan segera membuka kantor diplomatik kecil di Norwegia, dan akan menjadi satu-satunya fasilitas semacam itu di atas Lingkaran Arktik, demikian diumumkan oleh Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken hari Kamis (1/6/2023). (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

OSLO, KOMPAS.TV - Amerika Serikat akan segera membuka kantor diplomatik kecil di Norwegia. Langkah ini akan menjadi satu-satunya di atas Lingkaran Arktik.

Demikian diumumkan oleh Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken, Kamis (1/6/2023), seperti yang dilaporkan oleh Associated Press.

Langkah ini, yang diumumkan oleh Blinken dalam konferensi pers di Oslo setelah menghadiri pertemuan menteri luar negeri NATO, dilakukan ketika persaingan dengan Rusia semakin intensif atas sumber daya wilayah kutub utara yang tinggi.

Blinken mengatakan Amerika Serikat akan membuka apa yang dikenal sebagai "Pos Kehadiran Amerika Serikat" di Tromsoe, yang terletak 350 kilometer di utara Lingkaran Arktik.

Kantor diplomatik ini akan dibuka akhir tahun ini dan akan ditempati oleh seorang diplomat Amerika Serikat dengan gelar "konsul."

"Kami ada di sini untuk bekerja dengan sekutu-sekutu sejati untuk memajukan visi kami tentang Arktik yang damai, stabil, dan saling bekerja sama," ujar Blinken sebelum bertemu dengan menteri luar negeri Norwegia yang negaranya sedang bersiap untuk memegang jabatan ketua Dewan Arktik yang bermarkas di Tromsoe.

Baca Juga: AS Bakal Tunjuk Duta Besar di Arktik, Usaha Untuk Redam Ancaman Rusia di Kutub Utara?

Lingkaran Arktik di Kutub Utara. Amerika Serikat akan segera membuka kantor diplomatik kecil di Norwegia, dan menjadi satu-satunya fasilitas semacam itu yang ada di atas Lingkaran Arktik, demikian diumumkan oleh Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken hari Kamis (1/6/2023). (Sumber: National Geographic)

Norwegia akan mengambil alih kelompok delapan negara yang berbatasan dengan Arktik setelah dua tahun kepemimpinan Rusia yang menyebabkan anggota lainnya mengabaikannya karena serangan Rusia terhadap Ukraina.

Departemen Luar Negeri Amerika Serikat sebelumnya punya kantor di Tromsoe hingga tahun 1994, namun ditutup dalam restrukturisasi fasilitas diplomatik setelah berakhirnya Perang Dingin.

"Amerika Serikat adalah negara Arktik yang bangga dan kami serius menjalankan peran kami sebagai salah satu pengurus wilayah ini," kata Duta Besar Amerika Serikat untuk Norwegia Marc Nathanson dalam sebuah pernyataan.

Menteri Luar Negeri Norwegia Anniken Huitfeldt mengatakan Norwegia dan Amerika Serikat memiliki "sejarah kerja sama panjang dan membanggakan" dalam isu-isu Arktik.

"Saya menyambut baik rencana Amerika Serikat untuk mendirikan Presence Post di Tromsoe tahun ini, yang saya yakin akan memperkuat kerja sama erat kita," ujarnya.



Sumber : Associated Press



BERITA LAINNYA



Close Ads x