Kompas TV internasional kompas dunia

Erdogan Menang Pilpres Turki, Rakyat Aceh Ikut Senang, Ini Alasannya

Kompas.tv - 29 Mei 2023, 21:28 WIB
erdogan-menang-pilpres-turki-rakyat-aceh-ikut-senang-ini-alasannya
Tuanku Muhammad bersama sejawatnya saat menggelar doa bersama untuk korban gempa Turki beberapa waktu lalu.  (Sumber: Serambinews)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

BANDA ACEH, KOMPAS.TV - Ketua Faksi Partai Keadilan Sejahteran (PKS) Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Aceh Tuanku Muhammad menyambut baik kabar kemenengan Recep Tayyip Erdogan dalam pemilihan presiden (pilpres) Turki pada Minggu (28/5/2023) kemarin. Ia menyebut rakyat Aceh ikut senang atas terpilihnya Erdogan kembali.

Erdogan diketahui sukses mengalahkan pesaingnya dari kalangan oposisi, Kemal Kilicdaroglu setelah melalui Pilpres dua putaran. Erdogan akan menjabat Presiden Turki untuk periode ketiga mulai 2023 ini.

Baca Juga: Jokowi Selamati Erdogan yang Kembali Terpilih Jadi Presiden Turki, Ingin Perkuat Hubungan

Menurutnya, banyak warga Aceh yang menyukai sosok pemimpin Turki berusia 69 tahun tersebut. Erdogan dinilai memperjuangkan kepentingan Islam di tengah sekulerisme Turki.

"Rakyat Aceh senang terhadap kemenangan Erdogan. Beliau adalah salah satu sosok pemimpin dunia yang memiliki andil besar terhadap rakyat Aceh terutama pasca-musibah gempa dan tsunami di tahun 2024 silam," kata Tuanku Muhammad dikutip Serambinews, Senin (29/5/2023).

Tuanku menambahkan, Erdogan mengunjungi langsung Aceh usai terkena bencana tsunami. Waktu itu Erdogan menjabat sebagai Perdana Menteri Turki.

Untuk membantu korban tsunami Aceh, Bulan Sabit Merah Turki disebut mengirim 15.000 ton bantuan makanan dan bantuan lainnya. Turki juga disebut mensponsori pembangunan kembali 1.000 rumah korban tsunami.


Tuanku menyatakan, kemenangan Erdogan dapat memperkuat hubungan Turki dan Aceh. Ia menyebut hubungan ini telah terjalin sejak era Turki Utsmani dan Kerajaan Aceh Darussalam.

"Erdogan tidak hanya presiden yang memiliki kemampuan kenegaraan yang kuat, tapi beliau juga memiliki kepahaman yang kuat terhadap sejarah bangsanya," kata Tuanku.

"Kita berdoa kemenangan Erdogan ini bisa membawa kejayaan bagi rakyat Turki dan memberikan kedamaian dan kemajuan bagi seluruhnya, termasuk umat muslim di belahan dunia manapun," lanjutnya.

Baca Juga: Putin-Zelenskyy Kompak, Sama-sama Beri Selamat ke Erdogan yang Terpilih Lagi Jadi Presiden Turki

 


 



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.