Kompas TV internasional kompas dunia

Perkuat Citra Indonesia di Selandia Baru, Diaspora Bentuk Canterbury Indonesian Community

Kompas.tv - 15 Mei 2023, 08:50 WIB
perkuat-citra-indonesia-di-selandia-baru-diaspora-bentuk-canterbury-indonesian-community
Masyarakat Indonesia di wilayah Canterbury, Selandia Baru, melakukan foto bersama setelah membentuk dan memilih ketua Canterbury Indonesian Community, Sabtu (13/5/2023) di Christchurch, Selandia Baru. (Sumber: PPI Selandia Baru)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Iman Firdaus

CANTERBURY, KOMPAS.TV – Diaspora Indonesia yang berada di wilayah Canterbury bersama-sama dengan komunitas Indonesia di wilayah yang sama melaksanakan Halal Bihalal sekaligus Pemilihan Ketua Canterbury Indonesian Community, Sabtu (13/5) di Halswell Centre, Christchurch, Selandia Baru.

Acara di akhir pekan ini berlangsung meriah mengingat komunitas diaspora Indonesia di wilayah Canterbury pada akhirnya dibentuk kembali setelah vakum lima tahun silam. Berdasarkan hasil pemilihan para diaspora, Ketua CIC jatuh kepada Dedy Soeryo yang akan memimpin CIC untuk periode dua tahun mendatang.

“Saya berharap terbentuknya Canterbury Indonesian Community dapat menjadi wadah terjalinnya keakraban sesama komunitas Indonesia di wilayah Canterbury serta dapat lebih luas memperkenalkan nama Indonesia kepada masyarakat Selandia Baru,” ujar Dedy.

Baca Juga: Pasca Pembukaan Perbatasan Selandia Baru, PPI Auckland Semarakkan Ramadan Dengan Buka Puasa Bersama

Senada dengan Dedy, Yuliktus Korain selaku Wakil Ketua CIC terpilih juga menyampaikan bahwa dengan terbentuknya CIC, diharapkan akan menjadi wadah bagi generasi muda Indonesia untuk dapat berekspresi dengan lebih kreatif dan bermanfaat bagi diplomasi budaya Indonesia.

Turut hadir dalam kegiatan ini Atase Pertahanan RI di Selandia Baru, Kolonel Herwanto Setiyono; Presiden PPI Selandia Baru, Radya Mahardika; dan perwakilan komunitas diaspora Indonesia di wilayah Canterbury seperti IFGF Christchurch, ICCC, serta KKIC. 


 

Dalam sambutan yang disampaikan, Atase Pertahanan RI di Selandia Baru Herwanto menyampaikan akan mendukung penuh kekompakan masyarakat Indonesia yang berada di wilayah Canterbury sebagai wujud persatuan Indonesia meskipun secara fisik berada jauh dari tanah air.

“Saya ucapkan selamat kepada Ketua dan Wakil Ketua CIC yang terpilih, semoga dapat membawa komunitas diaspora Indonesia di Canterbury menjadi semakin baik dan solid tanpa mengesampingkan nilai-nilai nasionalisme”, ujar Herwanto dalam siaran pers yang diterima Kompas TV dari PPI Selandia Baru.

Baca Juga: Ramadan di Selandia Baru: Sambal Terong saat Buka Puasa Bersama hingga Cita-Cita Membangun Masjid

Kegiatan diorganisir oleh Canterbury Indonesian Muslim Community (CIMC) dan Perhimpunan Pelajar Indonesia Canterbury (PPIC) yang dihadiri oleh lebih dari 200 orang diaspora Indonesia yang berada di wilayah Canterbury. 

Selain halal bihalal dan pemilihan ketua, serangkaian aktivitas lain juga diadakan seperti pembagian doorprize, kuis, makan bersama, dan pembagian pin bagi para pelajar yang telah menyelesaikan studinya. Momen ini menghadirkan suasana nostalgia bagi para diaspora yang berada jauh dari Indonesia. 



Sumber : PPI Selandia Baru


BERITA LAINNYA



Close Ads x