Kompas TV internasional kompas dunia

Gelombang Panas Hantam Eropa, Rekor Suhu Terpanas Spanyol dan Portugal Dekati 40 Derajat Celsius!

Kompas.tv - 9 Mei 2023, 07:00 WIB
gelombang-panas-hantam-eropa-rekor-suhu-terpanas-spanyol-dan-portugal-dekati-40-derajat-celsius
Warga mendinginkan diri di air mancur publik. Spanyol dan Portugal mencatat bulan April terpanas mereka karena massa udara panas membawa suhu di atas 30 derajat Celsius dan mendekati 40 derajat Celsius di beberapa wilayah pada akhir bulan. Suhu rata-rata di Semenanjung Iberia pada bulan April adalah 3 derajat Celsius di atas rata-rata antara 1991 dan 2020, menurut pernyataan terpisah pada Senin oleh Badan Meteorologi Spanyol, Aemet. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

MADRID, KOMPAS.TV - Spanyol dan Portugal mencatat bulan April terpanas mereka karena massa udara panas membawa suhu di atas 30 derajat Celsius dan mendekati 40 derajat Celsius di beberapa wilayah pada akhir bulan.

Seperti dilaporkan oleh Bloomberg, Senin (8/5/2023), April 2023 merupakan bulan April terpanas keempat yang pernah tercatat secara global sejak 1991, menurut laporan Badan Observasi Bumi Uni Eropa, Copernicus.

Beberapa bagian Afrika, sekitar Laut Kaspia, Asia Tenggara, Jepang, dan utara Amerika Utara semuanya jauh lebih hangat dari rata-rata.

Gelombang panas di wilayah Mediterania Barat akan hampir tidak mungkin terjadi tanpa perubahan iklim, sebuah laporan ilmiah yang berbeda menyimpulkan pekan lalu.

Gas rumah kaca yang dipancarkan oleh manusia telah menghangatkan planet ini sekitar 1,2 derajat Celsius sejak zaman pra-industri, dan setiap tahun sejak 2015 menjadi salah satu yang terhangat yang pernah tercatat.

Suhu rata-rata di Semenanjung Iberia pada bulan April adalah 3 derajat Celsius di atas rata-rata antara 1991 dan 2020, menurut pernyataan terpisah pada Senin oleh Badan Meteorologi Spanyol, Aemet.

Suhu maksimum selama bulan tersebut adalah 4,7 derajat Celsius di atas rata-rata, dengan 38,8 derajat Celsius tercatat di bandara kota selatan Cordoba pada tanggal 27 April.

Gelombang panas terjadi di tengah kekeringan yang meluas yang melanda wilayah tersebut untuk tahun kedua berturut-turut.

Baca Juga: 78 Tahun Lagi, Negara Tropis Diperkirakan Kerap Hadapi Gelombang Panas ‘Mengerikan’ dan ‘Berbahaya’

Spanyol dan Portugal mencatat bulan April terpanas mereka karena massa udara panas membawa suhu di atas 30 derajat Celsius dan mendekati 40 derajat Celsius di beberapa wilayah pada akhir bulan. Suhu rata-rata di Semenanjung Iberia pada bulan April adalah 3 derajat Celsius di atas rata-rata antara 1991 dan 2020, menurut pernyataan terpisah pada Senin oleh Badan Meteorologi Spanyol, Aemet. (Sumber: Bloomberg)

April adalah bulan terkering di Spanyol sejak catatan dimulai pada tahun 1961, menurut Aemet.

Bulan tersebut juga lebih kering dari rata-rata di selatan Alpen, di wilayah Mediterania Prancis, barat laut Skandinavia, negara-negara Baltik, dan sebagian besar wilayah Rusia Barat.

Tahun ini, suhu rata-rata diperkirakan akan tetap tinggi dengan kemungkinan semakin besar bahwa kejadian El Nino akan muncul menuju bagian kedua tahun ini.

Fenomena ini terjadi ketika Pasifik khatulistiwa menghangat dan bereaksi dengan atmosfer, mengganggu pola cuaca di seluruh planet.

Selama bulan April, "suhu di atas rata-rata diamati di sepanjang Pasifik timur khatulistiwa, yang merupakan tanda awal untuk potensi transisi ke kondisi El Nino yang sering mengakibatkan suhu global yang lebih hangat," kata Dr Samantha Burgess, wakil direktur Layanan Perubahan Iklim Copernicus dalam sebuah pernyataan.

Kondisi yang berbeda terjadi di beberapa wilayah dunia lainnya. Alaska, Mongolia, Semenanjung Arab, India, dan Australia mengalami suhu yang lebih dingin dari rata-rata di bulan April.

Sementara itu, di beberapa wilayah Asia Timur, Amerika Serikat tenggara, wilayah barat laut Australia, dan Tanzania mengalami curah hujan yang lebih tinggi dari rata-rata.


 

 

 



Sumber : Bloomberg / Straits Times


BERITA LAINNYA



Close Ads x