Kompas TV internasional kompas dunia

Lionel Richie dan Katy Perry Bernyanyi dalam Konser Penobatan Raja Charles III

Kompas.tv - 8 Mei 2023, 07:10 WIB
lionel-richie-dan-katy-perry-bernyanyi-dalam-konser-penobatan-raja-charles-iii
Lionel Richie bernyanyi dalan konser penobatan Raja Charles III di Kastil Windsor, Windsor, Inggris, Minggu (7/5/2023). (Sumber: The Associated Press)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Desy Afrianti

LONDON, KOMPAS.TV – Satu hari setelah upacara penobatan berlapis emas yang disaksikan jutaan orang, Kerajaan Inggris menggelar konser bertabur bintang yang menampilkan Katy Perry, Lionel Richie, dan penyanyi-penyanyi lainnya di Kastil Windsor.

Raja yang baru dinobatkan dan istrinya tampak menikmati pertunjukan saat Richie membawakan lagu "All Night Long". Bahkan mereka ikut berdiri dan bergoyang mengikuti musik. Anggota keluarga kerajaan lainnya seperti Putri Charlotte yang berusia 8 tahun dan Pangeran George, 9 tahun, mengibarkan bendera Union bersama sekitar 20.000 orang yang berkumpul di teras timur kastil.

Charlotte dan ibunya, Kate, Princess of Wales, bernyanyi bersama saat Perry, yang mengenakan gaun berwarna emas membawakan lagu pop-nya yang berjudul "Roar".

Baca Juga: Terungkap! Alasan Meghan Markle Tak Temani Pangeran Harry di Penobatan Raja Charles III

Bintang “Top Gun” Tom Cruise muncul dalam pesan video yang telah direkam sebelumnya. Selain itu, juga ditampilkan pertunjukan oleh Royal Ballet, Nicole Scherzinger dari Pussycat Dolls, penyanyi opera Andrea Bocelli dan band Inggris Take That.

Bahkan Miss Piggy dan Kermit the Frog muncul, bercanda dengan pembawa acara Hugh Bonneville.
Hiburan itu diselingi dengan momen-momen yang lebih serius seperti pesan dari Charles tentang pentingnya pelestarian lingkungan. Pertunjukan itu disertai dengan pertunjukan cahaya dan drone bertema alam.

Pangeran William, pewaris takhta, naik ke atas panggung untuk memberikan penghormatan atas dedikasi ayahnya untuk mengabdi. “Pa, kami semua sangat bangga padamu,” katanya.

Penonton konser menyanyikan "God Save the King" sebagai landmark di sekitar Inggris, dinyalakan dengan lampu warna-warni.

Sebelumnya pada Minggu pagi, ribuan orang berpiknik dan berpesta di jalanan di seluruh Inggris untuk menghormati Charles. Kumpul-kumpul komunitas merupakan bagian dari tradisi Inggris yang dikenal sebagai Makan Siang Besar. 
Acara tersebut dimaksudkan untuk menyatukan tetangga dan untuk merayakan penobatan Raja. Tradisi ini bahkan tetap dilakukan ketika dukungan untuk monarki semakin berkurang. Kritikus mengeluh tentang biaya penobatan Raja pada saat biaya hidup di Inggris semakin tinggi akibat inflasi.

Charles dan Camilla tidak ikut piknik, namun mereka menyerahkan tugas itu kepada anggota keluarga kerajaan lainnya.

William dan istrinya, Kate, mengejutkan orang-orang yang berpiknik di luar kastil sebelum diadakannya konser. Mereka berpakaian jauh lebih santai dari hari sebelumnya, mereka berjabat tangan dengan warga dan Kate memeluk seorang gadis yang menangis.


 

Saudara kandung raja, Pangeran Edward dan Putri Anne serta pasangan mereka bertugas untuk menghadiri makan siang bersama keluarga kerajaan. Sedangkan keponakan raja, Putri Beatrice dan Putri Eugenie, yang merupakan putri Pangeran Andrew, bergabung saat makan siang di Kastil Windsor.

Baca Juga: Membedah Arti Pernak-Pernik Hingga Prosesi Penobatan Raja Charles III Bersama Sejarawan

Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak menjamu ibu negara Amerika Serikat Jill Biden dan cucunya Finnegan Biden di pesta Makan Siang Besar yang diadakan di depan kantornya. Tamu lainnya yang ikut dalam acara ini adalah pengungsi Ukraina dan aktivis komunitas.

Dalam jamuan itu, disajikan hidangan sosis gulung, salmon, dan ayam penobatan. Hidangan ini juga disajikan dalam penobatan Ratu Elizabeth II, 70 tahun lalu. Selain itu ada juga quiche penobatan yang dipilih langsung oleh Raja Charles.



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.