Kompas TV internasional kompas dunia

Putri Thaksin Shinawatra Difavoritkan Jadi Perdana Menteri Thailand

Kompas.tv - 5 Mei 2023, 09:51 WIB
putri-thaksin-shinawatra-difavoritkan-jadi-perdana-menteri-thailand
Paetongtarn Shinawatra, putri dari mantan Perdana Menteri Thailand Thaksin Shinawatra, digadang-gadang menjadi calon kuat perdana menteri Thailand. (Sumber: Bangkok Post)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Desy Afrianti

BANGKOK, KOMPAS.TV – Putri mantan Perdana Menteri Thailand Thaksin Shinawatra kini diperhitungkan untuk menjadi Perdana Menteri Thailand. Jajak pendapat menunjukkan Paetongtarn Shinawatra menjadi favorit kuat untuk menduduki jabatan itu.

Tetapi beberapa orang khawatir bahwa kemenangan putri bungsu mantan Perdana Menteri Thaksin Shinawatra yang digulingkan dapat menjerumuskan Thailand kembali ke siklus protes dan intervensi militer.

Paetongtarn berusia 36 tahun memiliki hasil poling yang sangat baik, sehingga diperkirakan dapat menang telak, dengan kursi yang cukup untuk mengatasi keunggulan partai yang berkuasa.

Pada acara pendaftaran calon pada bulan Maret lalu, Paetongtarn menguraikan berbagai kebijakan termasuk memperbaiki kondisi tenaga kerja, menjamin upah minimum yang lebih tinggi, mengurangi polusi, dan mengubah Thailand menjadi pusat teknologi keuangan.

Baca Juga: Luar Biasa! Baru 2 Hari Melahirkan, Perempuan Kandidat PM Thailand Siap Kembali Berkampanye

Ayah Paetongtarn yang berusia 73 tahun adalah politisi Thailand pertama yang memenangkan mayoritas kursi secara keseluruhan. Meskipun kebijakan populis pengusaha miliarder membangunnya basis politik yang kuat, mereka juga membuatnya dimusuhi oleh elit negara. 

Thaksin digulingkan oleh kudeta militer pada tahun 2006 dan telah berada di pengasingan selama lebih dari satu dekade untuk menghindari menjalani hukuman penjara karena penyalahgunaan kekuasaan, sebuah keyakinan yang dia kecam karena bermotivasi politik.

Meski begitu, dia tetap dekat di hati jutaan pemilih, terutama warga negara miskin dan penduduk utara yang relatif kurang beruntung.

Paetongtarn menegaskan dia bukan hanya wakil ayahnya.

“Aku bukan bayangan ayahku. Aku putri ayahku, selalu dan selamanya, tapi aku punya keputusan sendiri, ”katanya seperti dikutip dari Associated Press, Jumat (5/5/2023).

Baca Juga: Musim Panas Ekstrem di Thailand, Polisi yang Mengatur Lalu Lintas Sampai Tewas karena Kepanasan

Pada 2011, saudari Thaksin, Yingluck Shinawatra—bibi Paetongtarn—diangkat ke kantor perdana menteri dengan kemenangan pemilu yang mudah. Dia menjadi perdana menteri wanita pertama Thailand. 

Tetapi pemerintahannya digulingkan oleh kudeta lain pada tahun 2014 yang dilakukan oleh komandan militer saat itu Prayuth Chan-ocha, yang memimpin pemerintahan militer selama lima tahun dan kemudian diangkat sebagai perdana menteri setelah pemilihan umum 2019. Seperti kakaknya, dia pergi ke pengasingan untuk menghindari konsekuensi hukum.

Prayuth, 69, sekarang mencalonkan diri kembali, tetapi dia berjuang untuk bersaing dengan kecerdasan politik Paetongtarn. Dia menempati peringkat ketiga dalam jajak pendapat untuk kandidat perdana menteri yang disukai. 

Paetongtarn telah menunjukkan tekadnya dengan menjalankan jadwal kampanye yang padat hingga ia melahirkan anak keduanya minggu ini. Dari rumah sakit tempat dia melahirkan putranya yang baru lahir, Prutthasin, dia mengatakan kepada media bahwa dia siap untuk segera kembali setelah persalinan.

“Dia terhubung dengan pemilih. Dia juga memiliki beberapa bakat yang mungkin diwarisi dari ayahnya dalam hal melakukan pidato, berhubungan dengan pemilih, berbicara di depan banyak orang, dan menjalankan kampanye, saat sedang hamil,” kata Thitinan Pongsudhirak, seorang profesor ilmu politik di Universitas Chulalongkorn Bangkok. "Dia benar-benar calon perdana menteri," katanya.




Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x