Kompas TV internasional kompas dunia

Kehebohan Penggalian Resmi Harta Karun Nazi di Ommeren Belanda Berakhir, Ini Hasilnya

Kompas.tv - 2 Mei 2023, 04:50 WIB
kehebohan-penggalian-resmi-harta-karun-nazi-di-ommeren-belanda-berakhir-ini-hasilnya
Perburuan harta karun yang dilaksanakan secara resmi untuk mencari harta karun emas, permata, dan perhiasan yang dirampas oleh Nazi selama Perang Dunia II dan diyakini terkubur di Desa Ommeren yang sunyi di Belanda, resmi gagal menemukan harta karun, seperti banyak pencarian sebelumnya. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

OMMEREN, KOMPAS.TV - Perburuan harta karun yang dilaksanakan secara resmi untuk mencari harta karun emas, permata, dan perhiasan yang dirampas oleh Nazi selama Perang Dunia II dan diyakini terkubur di Desa Ommeren yang sunyi di Belanda, resmi gagal menemukan harta karun, seperti banyak pencarian sebelumnya.

Seperti yang dilaporkan oleh Associated Press, Senin (1/5/2023), para arkeolog dan sejarawan dipanggil ke Desa Ommeren, sekitar 80 kilometer tenggara Amsterdam, mendorong alat deteksi magnetometer sepanjang deretan pohon buah-buahan dan melintasi sebuah lapangan pada pagi hari Senin, lalu menggunakan penggali mekanik untuk menggali lubang di tanah yang lembap.

Mereka hanya mendapat sebuah peluru era Perang Dunia II, beberapa logam yang terlipat, pelek mobil yang terkoyak, dan sepatu bot berlumpur.

Pihak berwenang setempat berharap kegagalan kali ini untuk menemukan harta karun, oleh tim resmi yang termasuk anggota masyarakat sejarah setempat dan arkeolog dari Vrije Universiteit Amsterdam, akan mengakhiri pencarian amatir yang mengunjungi desa itu.

"Saya pikir peluang menemukan sesuatu sangat kecil. Kami menggali tiga lubang di sini tempat di mana kami bisa menemukan melalui magnetometer. Ada sinyal, dan tidak satu pun dari lubang ini menemukan harta karun," kata arkeolog Martijn Bink. "Jadi saya pikir ini sudah yang kita lakukan. Kami tidak akan berupaya lebih jauh."

Pemerintah daerah membantu membiayai pencarian terbaru setelah terbitnya peta gambar tangan awal tahun ini dengan huruf X merah yang diyakini menandai tempat di mana pasukan Nazi mengubur perhiasan yang dicuri dari brankas bank yang meledak.

Munculnya peta itu memicu pencarian harta karun zaman modern, dengan para pencari menggunakan detektor logam menggali situs di sekitar Ommeren meskipun dilarang.

Baca Juga: Ramai-Ramai Buru Harta Karun Nazi yang Terkubur di Belanda

Peta lokasi harta karun Nazi di Belanda yang diterbitkan arsip nasional Belanda. Perburuan harta karun yang dilaksanakan secara resmi untuk mencari harta karun emas, permata, dan perhiasan yang dirampas oleh Nazi selama Perang Dunia II dan diyakini terkubur di desa Ommeren yang sunyi di Belanda resmi gagal menemukan harta karun, seperti banyak pencarian sebelumnya. (Sumber: Arsip Nasional Belanda)

"Banyak orang datang menggali di sini tanpa izin. Menimbulkan banyak ketidaknyamanan bagi penduduk," kata Pieter Neven dari pemerintah daerah Buren.

Pencarian harta karun dimulai setelah Arsip Nasional Belanda menerbitkan segunung dokumen, seperti yang dilakukan pada awal setiap tahun, termasuk peta, yang segera menjadi viral.

"Kami cukup terkejut tentang cerita itu. Tapi perhatian yang diberikan juga," kata peneliti Arsip Nasional Annet Waalkens pada bulan Januari.

Dia mengatakan, kisah ini dimulai pada musim panas tahun 1944 di Kota Arnhem yang diduduki oleh Nazi, terkenal karena film bintang-bintang A Bridge Too Far, ketika sebuah bom menghancurkan brankas bank, menyebarkan emas, perhiasan, dan uang di sepanjang jalan.

Pasukan Jerman mengambil sebanyak mungkin dari harta karun itu dan menyimpannya di dalam kotak amunisi, kata dia, mengutip cerita seorang prajurit Jerman yang diwawancarai oleh pihak berwenang Belanda setelah perang. Ketika Jerman dipukul mundur oleh serangan Sekutu, mereka mengubur kotak amunisi tersebut di Ommeren, menurut cerita sang prajurit.

Otoritas Belanda mendapatkan peta dan mencari Ommeren segera setelah perang tanpa menemukan apa-apa. Kemudian, jejak harta karun itu hilang sampai publikasi peta pada Januari lalu memicu kehebohan pencarian harta karun.

Upaya arkeologi pada hari Senin juga tidak menemukan apa-apa dan mungkin kini membunuh harapan terakhir untuk mendapatkan harta karun itu.


 

 



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x