Kompas TV internasional kompas dunia

Kemenlu Dalami Kasus Perampokan WNI di San Francisco, Belum Ada Laporan ke KJRI

Kompas.tv - 14 April 2023, 17:53 WIB
kemenlu-dalami-kasus-perampokan-wni-di-san-francisco-belum-ada-laporan-ke-kjri
Ilustrasi. WNI dirampok di San Francisco, Amerika Serikat. Kemenlu dan KJRI San Francisco belum menerima pengaduan. (Sumber: Tribun Jabar)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) dan perwakilan Republik Indonesia masih mendalami kejadian perampokan terhadap Warga Negara Indonesia (WNI) di San Francisco, Amerika Serikat, yang viral di media sosial baru-baru ini.

“Hingga saat ini KJRI (Konsulat Jenderal Republik Indonesia) San Fransisco belum menerima pengaduan dari WNI tersebut,” ujar Direktur Perlindungan WNI Kemenlu Judha Nugraha dalam keterangan tertulis yang diterima KOMPAS TV, Jumat (14/4/2023).

Judha menambahkan, KJRI San Francisco telah menyampaikan imbauan kepada masyarakat untuk berhati-hati, dan tidak bepergian dengan barang yang mencolok.

Selain itu, tidak meninggalkan barang di dalam mobil yang dapat terlihat dari luar, tidak mengatur bagasi di tempat umum serta segera menghubungi kepolisian setempat dan perwakilan RI terdekat.

Judha juga memberikan nomor hotline KJRI San Francisco yang dapat dihubungi di +1 (415 ) 875 0793.

Baca Juga: Jadi Korban Perampokan, Personel TNI Ditemukan dalam Kondisi Tangan Terikat dan Wajah Ditutup

Sementara menurut Judha, Kepolisian San Francisco (San Francisco Police Dept/SFPD) mencatat terjadinya peningkatan angka krimininalitas dengan kasus pencurian, termasuk pencurian dengan modus pecah kaca mobil menjadi kasus yang tertinggi.

Kejadian perampokan yang menimpa WNI itu terekam dalam sebuah video dan tersebar di media sosial. Mobil milik WNI itu dibobol dua perampok.

Korban WNI tak berani mendekat karena takut ditembak dan hanya merekam aksi perampokan dari jauh dengan ponselnya.

Salah satu perampok tampak menyadari mereka sedang direkam. Akan tetapi, mereka tetap melanjutkan aksi dengan gerakan tergesa-gesa.

Perampok yang memakai hoodie hitam membobol bagian belakang jendela mobil. Sementara pelaku yang mengenakan hoodie abu-abu memecahkan kaca mobil bagian kanan.

"Kita dirampok," kata suara dalam video.

Dua pencuri itu memindahkan semua tas dan koper dari mobil yang ditumpangi WNI itu ke mobil mereka. Mereka juga terlihat memecahkan kaca-kaca mobil untuk melancarkan aksi mereka.

Baca Juga: Polisi Masih Dalami Kasus Perampokan Disertai Kekerasan Anggota TNI AL

Suara korban terdengar resah saat perampokan terjadi. Seorang laki-laki menegaskan agar aksi mereka terus direkam. Barang yang dirampok termasuk koper dan tas.

"Oh my god, my bag!," ucapnya lagi.

Untungnya, dokumen penting seperti paspor sudah dipindahkan ke tas yang sedang dibawa korban saat itu.

Kendati demikian, mereka tak bisa merekam plat nomor mobil tersebut. Namun, mereka berharap jika video itu bisa menjadi barang bukti untuk kepolisian setempat.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x