Kompas TV internasional kompas dunia

Dhiyauddin, WNI yang Ikut Lomba Azan di Arab Saudi dan Buat Juri Menangis Haru, Raih Hadiah Rp3,9 M

Kompas.tv - 8 April 2023, 12:07 WIB
dhiyauddin-wni-yang-ikut-lomba-azan-di-arab-saudi-dan-buat-juri-menangis-haru-raih-hadiah-rp3-9-m
Dhiyauddin, WNI yang mengikuti lomba azan Otr ElKalam di Arab Saudi, keluar sebagai juara kedua dan berhak atas hadiah uang sebesar 1 juta riyal atau setara Rp3,9 miliar. Episode terakhir Otr ElKalam ditayangkan di Arab Saudi pada Jumat (7/4/2023). (Sumber: Tangkapan layar video Otr ElKalam)
Penulis : Haryo Jati | Editor : Edy A. Putra

 

RIYADH, KOMPAS.TV - Dhiyauddin, seorang warga negara Indonesia (WNI), sukses menjadi juara kedua lomba azan di Arab Saudi. Dia pun berhak atas hadiah uang sebesar 1 juta riyal Arab Saudi atau setara Rp3,9 miliar.

Dikutip dari Saudi Gazette, Dhiyauddin menempati posisi kedua pada kompetisi Otr Elkalam yang episode terakhirnya ditayangkan di Arab Saudi pada Jumat (7/4/2023).

Sedangkan juara pertama diraih kontestan tuan rumah, Mohammed Al-Sharif, yang berhak atas hadiah uang sebesar 2 juta riyal.

Sementara posisi ketiga dan keempat ditempati secara berurutan oleh Raheef Al-Hajj dan warga Inggris, Ibrahim Assad. Masing-masing mendapatkan hadiah uang sebesar 500 ribu riyal dan 300 ribu riyal.

Baca Juga: Langka, Dokter Keluarkan Kecoa dari Kemaluan Perempuan Usai Rasakan Hal Aneh di Alat Vital si Pasien

Lolosnya Dhiyauddin ke final lomba azan Otr Elkalam merupakan sebuah pencapaian yang menakjubkan.

Pada babak semifinal, azan yang dikumandangkan Dhiyauddin di atas panggung membuat para juri takjub dan salah satunya sampai menangis.

Terlihat seorang juri menyeka air matanya mendengar azan yang dikumandangkan Dhiyauddin.

Menurut video yang diunggah akun Instagram KBRI Riyadh, @indonesiainriyadh, Dhiyauddin saat ini menjadi muazin di Malaysia.


Baca Juga: Zelenskyy Buka Puasa Ramadan bersama Tentara Muslim Ukraina, Dekatkan Diri dengan Komunitas Islam

Kompetisi Otr Elkalam tahun ini merupakan edisi kedua yang ditayangkan oleh TV Arab Saudi. Acara tersebut menggelar dua kompetisi yaitu membaca Al-Quran dan mengumandangkan azan.

Babak penyisihan dimulai pada akhir Januari 2023 dan diikuti 50.000 lebih kontestan dari 165 negara. Dari jumlah itu, hanya 50 peserta yang lolos ke babak berikutnya.

Mereka lalu berkompetisi dalam mengumandangkan azan dan membaca ayat suci Al-Qur'an.

Dikutip dari PRNAsia, kompetisi ini menyediakan total hadiah sebesar 3,3 juta dolar AS atau setara Rp49 miliar.

Pada kompetisi membaca Al-Quran, kontestan asal Iran, Younis Shahmradi, menjadi pemenang dan meraih hadiah uang sebesar 3 juta riyal.

Sedangkan peserta tuan rumah, Abdulaziz Al-Faqih, menempati posisi kedua dan membawa pulang hadiah uang sebesar 2 juta riyal.


 



Sumber : Saudi Gazette/PRN Asia


BERITA LAINNYA



Close Ads x