Kompas TV internasional kompas dunia

Setengah Ton Sabu Disita Polisi Filipina, Salah Satu yang Terbesar

Kompas.tv - 29 Maret 2023, 18:54 WIB
setengah-ton-sabu-disita-polisi-filipina-salah-satu-yang-terbesar
Polisi Filipina hari Rabu, (29/3/2023) menyita lebih dari 50kg (lebih dari setengah ton) narkoba methamphetamine atau sabu yang disembunyikan dalam kantong teh. (Sumber: Baguio Herald)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Purwanto

BAGUIO, KOMPAS.TV - Polisi Filipina hari Rabu (29/3/2023) menyita lebih dari 50kg (lebih dari setengah ton) narkoba methamphetamine atau sabu yang disembunyikan dalam kantong teh dan menangkap seorang tersangka pengedar narkoba China di kota resor pegunungan utara, kata pejabat polisi seperti laporan Associated Press.

Penyitaan narkoba di kota Baguio diperkirakan bernilai 4 miliar peso, merupakan salah satu yang terbesar dalam beberapa tahun terakhir, kata para pejabat Filipina.

Sebuah sindikat narkoba tampaknya menyembunyikan narkoba yang dicurigai, yang secara lokal dikenal sebagai shabu, di Baguio, tujuan wisata populer yang terkenal dengan pemandangan gunung dan pohon pinusnya, bukan di metropolitan Manila karena tindakan keras anti-narkoba yang sedang berlangsung di wilayah ibu kota, kata Menteri Dalam Negeri Benhur Abalos dan petugas kepolisian.

Presiden Ferdinand Marcos Jr., yang mulai menjabat pada bulan Juni, berjanji melanjutkan penumpasan obat-obatan terlarang pendahulunya, yang menyebabkan ribuan tersangka narkoba kelas teri tewas, tetapi mengatakan itu akan dilakukan secara berbeda dan lebih fokus pada rehabilitasi ketergantungan obat.

Di bawah mantan Presiden Rodrigo Duterte, lebih dari 6.000 tersangka pengedar narkoba yang sebagian besar miskin tewas dalam bentrokan dengan penegak hukum. 

Pembunuhan yang meluas itu membuat khawatir pemerintah Barat, termasuk Amerika Serikat, dan memicu penyelidikan Pengadilan Kriminal Internasional sebagai kemungkinan kejahatan terhadap kemanusiaan.

Baca Juga: Tiga Terduga Pelaku Penembakan yang Tewaskan Gubernur di Filipina Ditangkap, Ternyata Bekas Militer

Polisi Filipina hari Rabu, (29/3/2023) menyita lebih dari 50kg (lebih dari setengah ton) narkoba methamphetamine atau sabu yang disembunyikan dalam kantong teh (Sumber: The Record Phillipines)

Duterte membantah membenarkan pembunuhan di luar hukum dalam apa yang disebutnya perang melawan narkoba, tetapi secara terbuka mengancam akan membunuh tersangka sampai tahun-tahun terakhir kekuasaannya.

Polisi mengatakan ada jauh lebih sedikit tersangka narkoba di bawah Marcos yang tewas, tetapi kelompok hak asasi manusia masih menyatakan kekhawatiran atas pembunuhan yang terus berlanjut di bawah tindakan keras pemerintah dan meminta Marcos untuk bekerja sama dengan ICC menyelidiki pembunuhan yang terjadi ketika Duterte menjadi presiden dan walikota lama kota Davao selatan.

Setelah ICC menolak seruan pemerintah Filipina untuk berhenti menyelidiki pembunuhan era Duterte, Marcos hari Selasa mengatakan pemerintahannya akan memutuskan kontak dengan pengadilan yang berbasis di Den Haag.

“Itu mengakhiri semua keterlibatan kami dengan ICC karena kami tidak bisa lagi mengajukan banding,” kata Marcos kepada wartawan saat dimintai komentar atas keputusan majelis banding ICC. “Pada titik ini, kami pada dasarnya melepaskan diri dari kontak apa pun, dari komunikasi apa pun, saya kira, dengan ICC.”

Ketika dia masih menjadi presiden, Duterte menarik Filipina dari perjanjian pendirian ICC pada 2019 setelah pengadilan meluncurkan pemeriksaan awal atas ribuan pembunuhan di bawah tindakan keras anti-narkoba.

Para kritikus kemudian mengatakan tindakan Duterte merupakan upaya untuk menghindari pertanggungjawaban. 

Namun, jaksa ICC mengatakan pengadilan masih memiliki yurisdiksi atas kejahatan yang dituduhkan sementara Filipina masih menjadi anggota ICC, pengadilan upaya terakhir untuk kejahatan yang tidak mau atau tidak dapat dituntut oleh negara-negara itu sendiri.



Sumber : Kompas TV/Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x