Kompas TV internasional kompas dunia

Korban Tewas Akibat Gempa Turki Nyaris Tembus 48.000 Orang

Kompas.tv - 13 Maret 2023, 08:13 WIB
korban-tewas-akibat-gempa-turki-nyaris-tembus-48-000-orang
Para warga memeriksa bangunan-bangunan yang roboh akibat gempa bumi hebat di Malatya, Turki, Senin (6/2/2023). Angka kematian akibat gempa di Turki hingga Sabtu (11/3) tercatat hampir 48.000 jiwa dan upaya pencarian korban telah berkurang. (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Desy Afrianti

ISTANBUL, KOMPAS.TV – Korban tewas gempa bermagnitudo 7,8 yang terjadi bulan lalu di Turki, kini mencapai hampir 48.000 orang.

Seperti dikutip dari The Associated Press, Kepala badan manajemen bencana dan darurat Turki, Yunus Sezer, telah memperbaharui data warga yang tewas di negara itu menjadi 47.975 orang.

Sezer mengatakan dalam konferensi pers pada hari Sabtu bahwa orang yang meninggal termasuk 6.278 orang asing, dengan warga negara Suriah merupakan bagian terbesar dari korban yang berwarganegara asing di Turki.

Baca Juga: Kisah Traumatis Anak Korban Gempa Turki dan Suriah, Banyak yang Alami Gangguan Mental

Gempa yang terjadi pada 6 Februari lalu itu mengguncang 11 provinsi di Turki dan sebagian provinsi di negara tetangga mereka, Suriah. Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) memperkirakan jumlah korban tewas di Suriah kini mencapai 6.000 orang.


 

Gempa tersebut diikuti oleh gempa lainnya yang tak kalah dahsyat, yakni bermagnitudo 7,5, beberapa jam kemudian. Setelah itu, ribuan gempa susulan masih menghantui Turki.

Baca Juga: Indonesia Kirim Bantuan Kemanusiaan Gelombang Keempat untuk Korban Gempa Turki

Sedikitnya 230.000 bangunan hancur atau rusak parah di Turki. Para ahli telah menemukan lemahnya penegakan standar bangunan sebagai alasan utama mengapa gempa tersebut begitu mematikan.



Sumber : The Associated Press



BERITA LAINNYA



Close Ads x