Kompas TV internasional kompas dunia

53 Orang Tewas saat Mencari Jamur di Suriah, Diduga Dibunuh ISIS

Kompas.tv - 18 Februari 2023, 15:32 WIB
53-orang-tewas-saat-mencari-jamur-di-suriah-diduga-dibunuh-isis
Foto arsip. Setidaknya 53 orang dilaporkan tewas di timur kota Homs, Suriah bagian tengah, ketika mencari jamur truffle, Jumat (17/2/2023). Media pemerintah Suriah melaporkan, para pencari jamur itu diserang dan dibunuh anggota ISIS. (Sumber: Daily Star)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

HOMS, KOMPAS.TV - Setidaknya 53 orang dilaporkan tewas di timur kota Homs, Suriah bagian tengah, ketika mencari jamur truffle, Jumat (17/2/2023). Media pemerintah Suriah melaporkan, para pencari jamur itu diserang dan dibunuh anggota ISIS.

"Lima puluh tiga warga yang mencari truffle dibunuh dalam sebuah serangan teroris IS di barat daya kota Al-Sukhna," demikian laporan televisi Suriah, dikutip The Guardian.

Direktur Rumah Sakit Palmyra Walid Audi menyebut para korban adalah 46 warga sipil dan tujuh tentara. Sedangkan organisasi Syrian Observatory for Human Rights melaporkan sejumlah orang berhasil lolos dari serangan maut yang menyasar para pencari jamur tersebut. 

Baca Juga: Gawat, Penjara Berisi Teroris ISIS di Suriah Memberontak Pasca Gempa Turki, 20 Tahanan Minggat

Di lain pihak, ISIS belum berkomentar atau mengaku bertanggung jawab atas serangan ini.

Sebelumnya, orang-orang yang mencari jamur truffle di tengah, timur, dan timur laut Suriah dilaporkan kerap menjadi target serangan ISIS. Kelompok tersebut juga menyasar perempuan dan anak-anak.

Pada Sabtu (18/2), serangan serupa terhadap para pencari jamur dilaporkan kembali terjadi di area dekat Homs. Syrian Observatory for Human Rights menyebut 16 orang tewas dalam serangan terkini, kebanyakan warga sipil.

Puluhan pencari jamur lain disebut disandera ISIS dan 25 mereka sudah dilepaskan. Nasib sandera belum diketahui.

Milisi-milisi ISIS dilaporkan bersembunyi di kawasan gurun Suriah usai serangan koalisi militer yang disokong Amerika Serikat (AS) mendepak ISIS di wilayah tersebut.

Namun, milisi ISIS dilaporkan kerap keluar dari persembunyian untuk menyergap pasukan pemerintah Suriah ataupun pasukan Kurdi.

Baca Juga: Pekerja Medis di Lokasi Gempa Suriah Wilayah Idlib Kewalahan, Berharap Sedikit Saja Rasa Kemanusiaan


 



Sumber : The Guardian


BERITA LAINNYA



Close Ads x