Kompas TV internasional kompas dunia

Ekstasi dan Magic Mushroom Segera Jadi Legal di Australia, tapi...

Kompas.tv - 3 Februari 2023, 20:51 WIB
ekstasi-dan-magic-mushroom-segera-jadi-legal-di-australia-tapi
Badan Pengelola Obat-obatan Terapeutik Australia, Jumat (3/1/2023), mengumumkan zat psikedelik MDMA dan psilocybin, yang dikenal sebagai ekstasi dan Magic Mushroom, akan menjadi legal di Australia. Namun hanya untuk alasan medis seperti pengobatan depresi dan stres pasca-trauma. (Sumber: Time/DEA)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Edy A. Putra

CANBERRA, KOMPAS.TV - Badan Pengelola Obat-obatan Terapeutik Australia, Jumat (3/1/2023), mengumumkan zat psikedelik MDMA dan psilocybin yang dikenal sebagai ekstasi dan Magic Mushroom, akan menjadi legal digunakan di negara tersebut.

Namun hanya untuk alasan medis seperti pengobatan depresi dan stres pasca-trauma. 

Psikiater dapat meresepkan dua zat tersebut mulai Juli 2023, demikian keputusan Badan Pengelola Barang-Barang Terapi atau Therapeutic Goods Administration (TGA), setelah menemukan "bukti yang cukup untuk manfaat potensial pada pasien tertentu."

Kedua obat tersebut saat ini merupakan "zat terlarang" dan hanya dapat digunakan dalam uji klinis yang dikontrol ketat.

TGA mengatakan MDMA dan psilocybin ditemukan "relatif aman" ketika diberikan dalam pengaturan medis dan memberikan "keadaan kesadaran yang berubah" yang dapat membantu pasien.

Dr Mike Musker, seorang peneliti kesehatan mental dan pencegahan bunuh diri di University of South Australia, menyambut baik langkah tersebut yang "sudah lama ditunggu".

“Ada banyak orang di masyarakat yang mengalami PTSD (gangguan stres pascatrauma) dan depresi, terutama veteran tentara dan orang-orang yang bekerja di layanan darurat, di mana obat psikiatri standar tidak bekerja dan tidak memberikan kelegaan,” katanya.

Baca Juga: 2 Anggota TNI Tertangkap Pasok Sabu dan Pil Ekstasi dari Malaysia dalam Jumlah Besar

Magic Mushroom. Badan Pengelola Obat-obatan Terapeutik Australia, Jumat (3/1/2023), mengumumkan zat psikedelik MDMA dan psilocybin, yang dikenal sebagai ekstasi dan Magic Mushroom, akan menjadi legal di Australia. Namun hanya untuk alasan medis seperti pengobatan depresi dan stres pasca-trauma. (Sumber: AP Photo)

Dr Musker mengatakan kedua obat itu "mengurangi hambatan" dan dapat membantu orang memproses gambar dan ingatan yang sulit.

Untuk saat ini, penggunaan MDMA dan psilocybin akan dibatasi pada pengobatan depresi dan stres pascatrauma. 

Tetapi para advokat berharap suatu hari dapat menggunakannya untuk ketergantungan alkohol, gangguan obsesif kompulsif, dan gangguan makan.

Psikedelik seperti Magic Mushroom digunakan oleh masyarakat adat selama ribuan tahun. Tetapi para peneliti Barat mulai secara serius melihat potensi kegunaannya hanya pada pertengahan abad terakhir.

Narkoba menjadi simbol gerakan kontra-budaya tahun 1960-an dan sejak itu dilarang pemerintah berbagai negara.

Pihak berwenang di Kanada dan Amerika Serikat termasuk di antara mereka yang telah mengizinkan penggunaan MDMA dan psilocybin untuk tujuan medis.



Sumber : Kompas TV/Straits Times


BERITA LAINNYA



Close Ads x