Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Kissinger: Sudah Waktunya Perdamaian Berdasarkan Perundingan Damai atas Perang Rusia - Ukraina

Kompas.tv - 19 Desember 2022, 02:05 WIB
kissinger-sudah-waktunya-perdamaian-berdasarkan-perundingan-damai-atas-perang-rusia-ukraina
Mantan Menlu AS, Henry Kissinger. Waktunya semakin dekat bagi perdamaian di Ukraina berdasarkan negosiasi untuk mengurangi risiko perang dunia yang menghancurkan, kata diplomat veteran AS Henry Kissinger. Walau begitu Kissinger mengatakan, impian untuk memecah Rusia akan memicu kekacauan nuklir. (Sumber: Jason Lee/Pool Photo via AP)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

MOSKOW, KOMPAS.TV - Waktunya semakin dekat bagi perdamaian di Ukraina berdasarkan negosiasi untuk mengurangi risiko perang dunia yang menghancurkan, kata diplomat veteran AS Henry Kissinger. Walau begitu Kissinger mengatakan, impian untuk memecah Rusia akan memicu kekacauan nuklir, seperti laporan Straits Times, Minggu (18/12/2022).

Kissinger, arsitek kebijakan Detente Perang Dingin Amerika Serikat terhadap Uni Soviet sebagai menteri luar negeri di bawah presiden Republik Richard Nixon dan Gerald Ford, bertemu dengan Vladimir Putin beberapa kali sejak pertama kali menjadi presiden Rusia pada tahun 2000.

Tidak ada akhir yang terlihat dari konflik yang dipicu oleh serangan Rusia ke Ukraina pada 24 Februari, yang menewaskan puluhan ribu orang dan mengusir jutaan orang dari rumah mereka. Rusia sekarang menguasai sekitar seperlima dari Ukraina.

Kremlin mensyaratkan Kiev harus mengakui aneksasi Moskow atas wilayah selatan dan timur. Ukraina mengatakan setiap tentara Rusia harus hengkang dari wilayahnya, termasuk Krimea, yang dianeksasi Rusia pada 2014.

Kiev melamar untuk bergabung dengan Pakta Pertahanan Atlantik Utara NATO setelah Moskow mengumumkan aneksasi pada bulan September.

“Waktunya semakin dekat untuk membangun perubahan strategis yang telah dicapai dan mengintegrasikannya ke dalam struktur baru untuk mencapai perdamaian melalui negosiasi,” tulis Dr Kissinger di The Spectator, majalah mingguan Inggris.

“Proses perdamaian harus menghubungkan Ukraina dengan NATO, bagaimanapun diungkapkannya. Alternatif netralitas tidak lagi bermakna,” tulis Dr Kissinger di majalah tersebut dalam sebuah artikel berjudul, “Bagaimana menghindari perang dunia berikutnya”.

Kissinger mengatakan dia pada bulan Mei mengusulkan gencatan senjata di mana Rusia akan mundur ke garis depan sebelum invasi 24 Februari dan Krimea akan menjadi subjek "negosiasi".

Baca Juga: Henry Kissinger: Ukraina Harus Menerima Penyerahan Sebagian Wilayahnya untuk Perdamaian dengan Rusia

Waktunya semakin dekat bagi perdamaian di Ukraina berdasarkan negosiasi untuk mengurangi risiko perang dunia yang menghancurkan, kata diplomat veteran AS Henry Kissinger. Walau begitu Kissinger mengatakan, impian untuk memecah Rusia akan memicu kekacauan nuklir. (Sumber: Straits Times)

Konflik di timur Ukraina dimulai pada 2014 setelah seorang presiden pro-Rusia digulingkan dalam Revolusi Maidan di Ukraina dan Rusia menganeksasi Krimea, dengan pasukan separatis yang didukung Rusia memerangi angkatan bersenjata Ukraina di timur Ukraina.

William Burns, direktur Badan Intelijen Pusat AS, mengatakan dalam sebuah wawancara yang diterbitkan pada hari Sabtu bahwa sementara sebagian besar konflik berakhir dengan negosiasi, penilaian CIA adalah, Rusia belum serius tentang negosiasi nyata untuk mengakhiri perang.

Kissinger, sekarang 99 tahun, menyarankan jika terbukti tidak mungkin untuk kembali ke status quo yang ditetapkan pada tahun 2014, maka referendum yang diawasi secara internasional di wilayah yang diklaim oleh Rusia bisa menjadi pilihan.

Putin menyebut apa yang dia sebut "operasi militer khusus" Rusia sebagai momen yang menentukan ketika Rusia akhirnya melawan blok Barat, yang dipimpin oleh Amerika Serikat dan berusaha memanfaatkan kejatuhan Uni Soviet tahun 1991 untuk menghancurkan Rusia.

Ukraina dan Barat mengatakan Putin tidak punya pembenaran atas apa yang mereka sebut sebagai perang pendudukan ala kekaisaran.

Dr Kissinger memperingatkan keinginan untuk membuat Rusia “impotensi”, atau bahkan menginginkan pembubaran Rusia, dapat menimbulkan kekacauan. Baik Ukraina maupun negara Barat mana pun tidak menganjurkan jalan mana pun.

“Pembubaran Rusia atau penghancuran kemampuannya untuk kebijakan strategis dapat mengubah wilayahnya yang mencakup 11 zona waktu menjadi kekosongan yang diperebutkan,” kata Dr Kissinger.

“Masyarakat yang bersaing mungkin memutuskan untuk menyelesaikan perselisihan mereka dengan kekerasan. Negara lain mungkin berusaha memperluas klaim mereka dengan paksa. Semua bahaya ini akan diperparah dengan kehadiran ribuan senjata nuklir yang menjadikan Rusia salah satu dari dua kekuatan nuklir terbesar di dunia.”



Sumber : Straits Times


BERITA LAINNYA



Close Ads x