Kompas TV internasional kompas dunia

Menhan Amerika Serikat akan ke Indonesia Bertemu Prabowo, Ini yang akan Dibahas

Kompas.tv - 17 November 2022, 19:28 WIB
menhan-amerika-serikat-akan-ke-indonesia-bertemu-prabowo-ini-yang-akan-dibahas
Menteri Pertahanan (Menhan) Amerika Serikat Lloyd J. Austin III akan berkunjung ke Jakarta menemui Menhan Indonesia Prabowo Subianto untuk membahas urusan serius antara kedua negara. (Sumber: Antara)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Pertahanan (Menhan) Amerika Serikat Lloyd J. Austin III akan berkunjung ke Jakarta menemui Menhan Indonesia Prabowo Subianto untuk membahas urusan serius antara kedua negara.

Austin dijadwalkan akan melawat ke Jakarta dan bertemu para pemimpin senior pemerintahan dan militer Indonesia saat kedua negara tengah bekerja untuk memetakan arah jalan yang ambisius dalam kemitraan pertahanan.

Demikian disampaikan Departemen Pertahanan AS dalam sebuah pernyataan pers yang dikeluarkan Kedutaan Besar AS di Jakarta, Kamis (17/11/2022).

Menurut pernyataan Departemen Pertahanan AS, kunjungan Menhan Austin akan mendorong kemajuan prakarsa bilateral yang utama guna mendukung interoperabilitas, pengembangan kemampuan, serta profesionalisasi dan modernisasi Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Austin akan memulai perjalanannya pada Jumat (18/11/2022), yakni pertama ke Kanada, lalu lanjut ke Indonesia dan Kamboja.

Di Nova Scotia, Kanada, Austin akan menyampaikan pidato utama di Forum Keamanan Internasional Halifax atau Halifax International Security Forum 2022 dengan mengangkat isu-isu pokok tentang upaya Departemen Pertahanan AS dalam membangun arsitektur keamanan yang lebih tangguh bersama para sekutu dan mitranya di Indo-Pasifik dan Eropa.

Austin juga akan bertemu dengan Menhan Kanada Anita Anand untuk membahas hubungan pertahanan antara kedua negara serta pentingnya investasi strategis dalam kapabilitas pertahanan.


Baca Juga: Jubir Menhan Tegaskan Belanja Alutsista Diprioritaskan Produk Dalam Negeri

Lloyd J. Austin adalah menteri pertahanan kulit hitam pertama di Amerika Serikat, bekerja di bawah pemerintahan Presiden Joe Biden. (Sumber: Pool The Hill)

Di Kamboja, Austin dijadwalkan berpartisipasi dalam Pertemuan Menteri Pertahanan ASEAN (ADMM) Plus ke-9 bersama sepuluh negara anggota Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) dan delapan mitra dialog.

Menhan AS Lloyd Austin juga akan berpartisipasi secara langsung untuk pertama kalinya di forum ADMM Plus, yang sebelumnya digelar secara virtual karena pandemi Covid-19.

Partisipasi Austin dalam ADMM Plus ke-9 itu melanjutkan tradisi kehadiran Menteri Pertahanan AS pada forum tersebut.

Di sela-sela ADMM Plus, Austin akan mengadakan kegiatan multilateral informal dengan rekan-rekan sejawatnya dari ASEAN dan bertemu dengan para pejabat Kamboja dan berbagai negara mitra AS.

Dalam pernyataannya, Departemen Pertahanan AS mengatakan, keikutsertaan Austin kali ini akan menggarisbawahi langkah penting yang diambil Washington bersama para sekutu dan mitra untuk menghadirkan stabilitas, transparansi, dan keterbukaan yang lebih lagi di kawasan Indo-Pasifik.



Sumber : Kompas TV/Antara/US Embassy


BERITA LAINNYA



Close Ads x