Kompas TV internasional kompas dunia

Fakta-Fakta Air Force One, Pesawat Canggih yang Ditumpangi Presiden AS Joe Biden ke KTT G20 Bali

Kompas.tv - 13 November 2022, 06:20 WIB
fakta-fakta-air-force-one-pesawat-canggih-yang-ditumpangi-presiden-as-joe-biden-ke-ktt-g20-bali
Ilustrasi. Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden melambai dari anak tangga Air Force One bersama Ibu Negara Jill Biden di Pangkalan Udara St. Andrews, 17 September 2022. (Sumber: Gemunu Amarasinghe/Associated Press)

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden telah mengonfirmasi akan hadir ke Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali, 15-16 November mendatang. Presiden AS itu dilaporkan akan mendarat di Bali pada Minggu (13/11/2022) petang besok.

Biden tentu akan datang menggunakan pesawat kepresidenan resmi AS, Air Force One. Pesawat yang rutin mengantar presiden Amerika bepergian ini cukup terkenal.

Lalu, apa saja spesifikasi Air Force One dan bagaimana sejarahnya? Berikut fakta-fakta mengenai pesawat kepresidenan Air Force One.

Presiden AS sendiri sudah jamak bepergian memakai pesawat sejak era Franklin D Roosevelt. Namun, pesawat yang khusus didesain untuk keperluan kepresidenan baru selesai dibuat ketika John F Kennedy menjabat pada 1962 silam.

Baca Juga: Jokowi Siap Ikuti Sejumlah Agenda Bilateral G20, Siapa saja yang Ditemui?

Melansir laman resmi Gedung Putih, secara teknis, nama "Air Force One" disematkan untuk setiap pesawat Angkatan Udara AS yang membawa presiden. Namun, kini, nama itu dipakai untuk merujuk pesawat spesifik tertentu yang memang difungsikan untuk transportasi presiden.

Seri Pesawat Air Force One

Pesawat Air Force One yang kini digunakan Presiden Joe Biden ada dua, keduanya merupakan pesawat Boeing seri 747-200B. Tidak seperti produk Boeing yang dijual komersial, dua pesawat kepresidenan itu dikustomisasi secara khusus untuk kenyamanan dan keamanan presiden.

Dua pesawat Air Force One yang kini digunakan memiliki nomor ekor 28000 dan 29000. Sedangkan penamaan dari Angkatan Udara AS untuk pesawat Air Force One adalah VC-25A.

Simbol Kepresidenan Amerika Serikat

Selain secara fungsional digunakan sebagai transportasi, Air Force One juga menjadi simbol tersendiri dari kepresidenan AS. Pesawat ini pun dihiasi dengan tulisan besar "United States of America", bendera AS, dan kepresidenan AS.

Bisa Isi Bahan Bakar di Udara

Air Force One disebut memiliki daya jangkau sangat luas dan bisa membawa presiden ke mana pun ingin pergi. Daya jelajah Air Force One pun didukung oleh kapabilitas pengisian bahan bakar di udara.

Perangkat elektronik di Air Force One juga dimodifikasi untuk melindunginya dari gelombang elektromagnetik. Pesawat ini pun dilengkapi perlengkapan komunikasi canggih yang membuatnya bisa menjadi pusat komando jika AS dan Gedung Putih diserang.

Kemewahan di Dalam Air Force One

Pesawat Air Force One memiliki kapasitas cukup luas. Interiornya terbagi tiga tingkat dengan total luas 4.000 kaki persegi.

Presiden AS sendiri diberi ruangan mewah yang memuat kantor berukuran luas, toilet, dan ruang konferensi. 

Pesawat ini pun memiliki ruang medis yang bisa digunakan sebagai ruang operasi. Air Force One juga dilengkapi dokter yang bertugas secara khusus di pesawat. 

Selain itu, Air Force One juga memiliki ruangan tersendiri bagi figur-figur yang perlu menemani presiden bepergian, termasuk pejabat Secret Service, penasihat senior, pers, dan tamu lain.

Baca Juga: Presiden AS Joe Biden Akan Hadiri KTT G20 di Bali, Pengamanan Super Ketat Disiapkan!



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x