Kompas TV internasional kompas dunia

Kejutan, Australia Membatalkan Pengakuan Yerusalem Ibu Kota Israel, Kembali ke Solusi Dua Negara

Kompas.tv - 18 Oktober 2022, 10:46 WIB
kejutan-australia-membatalkan-pengakuan-yerusalem-ibu-kota-israel-kembali-ke-solusi-dua-negara
Menlu Australia Penny Wong, kiri, dan PM Australia Anthony Albanese. Australia membatalkan pengakuan pemerintah sebelumnya atas Yerusalem Barat sebagai ibu kota Israel, kata menteri luar negeri Australia Penny Wong hari Selasa (18/10/2022). (Sumber: Lukas Coch/Pool via AP)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Iman Firdaus

CANBERRA, KOMPAS.TV — Australia membatalkan pengakuan pemerintah sebelumnya atas Yerusalem Barat sebagai ibu kota Israel, kata menteri luar negeri Australia Penny Wong hari Selasa (18/10/2022) seperti dilansir Associated Press.

Kabinet pemerintah Partai Buruh kiri-tengah setuju untuk kembali mengakui Tel Aviv sebagai ibu kota Israel dan menegaskan kembali status Yerusalem harus diselesaikan dalam negosiasi damai antara Israel dan Palestina, kata Menteri Luar Negeri Penny Wong.

Australia tetap berkomitmen pada solusi dua negara untuk konflik antara Israel dan Palestina, dan "kami tidak akan mendukung pendekatan yang merusak prospek ini," kata Wong.

Sebelumnya, mantan Perdana Menteri konservatif Scott Morrison secara resmi mengakui Yerusalem Barat sebagai ibu kota Israel pada Desember 2018, meskipun kedutaan Australia tetap berada di Tel Aviv.

Perubahan tersebut mengekor kebijakan Amerika Serikat saat itu, yaitu keputusan Presiden AS saat itu, Donald Trump, untuk memindahkan Kedutaan Besar AS dari Tel Aviv ke Yerusalem.

“Saya menyayangkan keputusan Morrison untuk bermain politik mengakibatkan pergeseran posisi Australia, dan penderitaan akibat pergeseran ini menyebabkan banyak orang di komunitas Australia yang sangat peduli dengan masalah ini,” kata Wong seperti dilansir Straits Times.

Baca Juga: AS Kembali Buka Konsulat di Yerusalem, Janjikan Beri Bantuan untuk Gaza

Kota Yerusalem, ibu kota suci tiga agama yang diperebutkan Palestina dan Israel.Australia membatalkan pengakuan pemerintah sebelumnya atas Yerusalem Barat sebagai ibu kota Israel, kata menteri luar negeri Australia Penny Wong hari Selasa (18/10/2022). (Sumber: Thinkstock)

Presiden AS Joe Biden mempertahankan kedutaan berada di Yerusalem ketika AS mundur dari mediasi yang dulu intens antara Israel dan Palestina.

Kedua pihak belum mengadakan pembicaraan damai yang substantif dalam lebih dari satu dekade.

Wong menggambarkan langkah Morrison sebagai langkah internasional dan upaya "sinis" untuk memenangkan pemilihan sela di Sydney yang punya populasi Yahudi cukup besar.

“Kau tahu ini apa? Ini adalah permainan sinis, tidak berhasil, untuk memenangkan kursi Wentworth dan pemilihan sela,” kata Wong, menambahkan bahwa “Kedubes Australia selalu, dan tetap, di Tel Aviv”. seperti dilansir Straits Times.

Partai Liberal yang saat itu dipimpin Scott Morrison mencalonkan kandidat Yahudi Dave Sharma yang kalah dalam pemilihan sela tetapi memenangkan kursi dalam pemilihan umum berikutnya.

Pemerintah Morrison dari kubu konservatif terdepak keluar dari kekuasaan bulan Mei lalu setelah sembilan tahun berkuasa.



Sumber : Kompas TV/Associated Press/Straits Times


BERITA LAINNYA



Close Ads x