Kompas TV internasional kompas dunia

Aktivis Lingkungan Inggris Siram Lukisan Ikonis Van Gogh dengan Sup Tomat, Mengelem Diri ke Dinding

Kompas.tv - 15 Oktober 2022, 15:11 WIB
aktivis-lingkungan-inggris-siram-lukisan-ikonis-van-gogh-dengan-sup-tomat-mengelem-diri-ke-dinding
Dua aktivis yang menyiramkan sup tomat ke lukisan Vincent van Gogh dan mengelem diri mereka sendiri ke Galeri Nasional di London, Inggris Raya, Jumat (14/10/2022). (Sumber: Just Stop Oil via AP)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

LONDON, KOMPAS.TV - Aktivis lingkungan dari kelompok Just Stop Oil Inggris Raya menyiram salah satu lukisan ikonis seniman Belanda, Vincent van Gogh, di Galeri Nasional Inggris Raya, London, Jumat (14/10/2022) menggunakan sup tomat.

Aktivis melakukan protes menentang ekstraksi bahan bakar minyak di tengah ancaman krisis iklim.

Pihak galeri menyatakan lukisan Van Gogh bertajuk "Bunga Matahari" itu tidak mengalami kerusakan. Pasalnya, lukisan itu dilindungi lapisan kaca.

Saat kejadian, dua aktivis Just Stop Oil menyiramkan dua kaleng sup tomat ke permukaan lukisan tersebut. Dua aktivis itu lalu mengelem tangannya ke dinding galeri.

Sup tomat menyirami lapisan kaca lukisan dan bingkainya. Pihak galeri menyebut terdapat "sejumlah kerusakan minor di bingkai, tetapi lukisannya tidak ternoda."

Lukisan itu pun telah dipajang kembali per Jumat (14/10) siang waktu setempat usai dibersihkan.

Baca Juga: Lukisan Langka Maha Karya Vincent Van Gogh Terjual 222 Miliar Rupiah Dalam Lelang di Paris


Lukisan yang dipamerkan Galeri Nasional London ini adalah satu dari sejumlah versi lukisan "Bunga Matahari" yang dibuat Van Gogh pada akhir 1880-an.

Usai kejadian, Kepolisian Metropolitan London menangkap dua aktivis tersebut dengan sangkaan tindak pidana perusakan dan penerobosan.

"Petugas spesialis telah melepaskan rekatan mereka dan mereka telah ditahan di kantor polisi London pusat," demikian keterangan Kepolisian Metropolitan London dikutip Associated Press.

Aksi-aksi lingkungan Just Stop Oil sendiri telah beberapa kali menyedot perhatian. Sejumlah aksi mereka menargetkan karya-karya seni di museum dan galeri nasional.

Pada Juli lalu, aktivis Just Stop Oil mengelem diri ke bingkai lukisan "Perjamuan Terakhir" karya Leonardo da Vinci di Akademi Kesenian Kerajaan di London serta lukisan "Gerobak Jerami" karya John Constable di Galeri Nasional London.

Baca Juga: 'Ditampar' Lukisan Beauty In The Mundane Karya Anaya Anjar di Artotel Yogyakarta

 



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x