Kompas TV internasional kompas dunia

Ditolak PM Inggris, Raja Charles III Batal Hadiri KTT Iklim COP 27 di Mesir

Kompas.tv - 2 Oktober 2022, 19:58 WIB
ditolak-pm-inggris-raja-charles-iii-batal-hadiri-ktt-iklim-cop-27-di-mesir
Raja Charles III yang saat itu masih putra mahkota, berpidato di KTT Iklim di Glasgow bulan November tahun lalu. Raja Charles III tidak akan menghadiri KTT iklim COP27 bulan depan di Mesir walau diundang penyelenggara, setelah Perdana Menteri Inggris Liz Truss "menolak" kehadirannya. (Sumber: Straits Times)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Edy A. Putra

LONDON, KOMPAS.TV - Raja Charles III tidak akan menghadiri KTT iklim COP27 bulan depan di Mesir walau diundang penyelenggara, setelah Perdana Menteri Inggris Liz Truss "menolak" kehadiran Raja Inggris yang juga aktivis lingkungan itu.

Demikian dilaporkan Straits Times yang mengutip sebuah laporan, Minggu (2/10/2022).

Raja baru Inggris, yang naik takhta setelah ibunya Ratu Elizabeth II meninggal bulan lalu, bermaksud menyampaikan pidato pada pertemuan yang berlangsung 6-18 November, The Sunday Times melaporkan.

Namun rencana itu dibatalkan setelah Truss, yang baru diangkat sebagai Perdana Menteri oleh mendiang Ratu dua hari sebelum dia meninggal, menentangnya selama audiensi pribadi dengan Raja Charles di Istana Buckingham beberapa hari yang lalu.

Laporan itu muncul di tengah spekulasi bahwa perdana menteri baru Inggris, yang mendapat kecaman atas rencana ekonominya karena rencana tersebut memicu gejolak pasar, secara kontroversial dapat mengurangi komitmen perubahan iklim negara itu.

Kabinetnya yang baru dibentuk berisi sejumlah menteri yang skeptis terhadap apa yang disebut sebagai tujuan emisi nol tahun 2050, sementara Truss sendiri terlihat kurang antusias dengan kebijakan tersebut dibandingkan pendahulunya, Boris Johnson.

The Sunday Times mengatakan Truss tidak mungkin menghadiri COP27, Konferensi Para Pihak ke-27 Konvensi Kerangka Kerja PBB tentang Perubahan Iklim UNFCCC yang akan dilaksanakan di kawasan wisata Sharm el-Sheikh, Mesir.

Inggris menjadi tuan rumah KTT terakhir di kota Glasgow, Skotlandia, ketika Raja Charles III yang masih menjadi putra mahkota saat itu, mendiang Ratu dan putranya, William, semuanya berpidato di acara tersebut.


Baca Juga: Krisis Inggris Kian Gawat, Menteri Keuangan Prancis Khawatir: Kebijakan Fiskal Ekonomi Tak Berhasil

Liz Truss, saat berpidato di hadapan Majelis Umum PBB. Raja Charles III tidak akan menghadiri KTT iklim COP27 bulan depan di Mesir walau diundang penyelenggara, setelah Perdana Menteri Inggris Liz Truss "menolak" kehadirannya. (Sumber: EPA-EFE)

Baik Downing Street dan Istana Buckingham menolak mengomentari laporan tersebut.

Surat kabar itu mengatakan episode itu "kemungkinan akan memicu ketegangan" antara Raja Charles dan PM Liz Truss. Tetapi laporan tersebut mengutip sumber pemerintah yang mengeklaim bahwa pertemuan tersebut "ramah" dan "tidak ada pertengkaran".

Sementara itu, seorang sumber kerajaan mengatakan kepada surat kabar itu, "Bukan sebuah misteri bahwa Raja Charles III diundang untuk pergi ke sana. Dia harus berpikir dengan sangat hati-hati tentang langkah apa yang harus diambil untuk lawatan pertama ke luar negerinya, dan dia tidak akan menghadiri COP (27)."

Berdasarkan konvensi di Inggris, semua kunjungan resmi ke luar negeri oleh anggota keluarga kerajaan dilakukan sesuai dengan saran dari pemerintah.

Namun, meskipun tidak hadir secara langsung, berbagai laporan mengatakan raja masih berharap dapat berkontribusi dalam beberapa bentuk, untuk konferensi tersebut.

Raja Charles III adalah seorang pencinta lingkungan yang punya komitmen kuat dengan sejarah yang panjang dalam berkampanye untuk konservasi yang lebih baik, pertanian organik dan mengatasi perubahan iklim.




Sumber : Kompas TV/Straits Times


BERITA LAINNYA



Close Ads x