Kompas TV internasional kompas dunia

75 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia- Mesir, Sejumlah Kegiatan Budaya dan Seni Digelar di Kairo

Kompas.tv - 22 September 2022, 12:34 WIB
75-tahun-hubungan-diplomatik-indonesia-mesir-sejumlah-kegiatan-budaya-dan-seni-digelar-di-kairo
KBRI Kairo promosikan kain tenun dan songket, musik tradisional, sertadan kuliner nusantara dalam gelaran resepsi diplomatik. (Sumber: Kompas.tv/istimewa)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Iman Firdaus

KAIRO, KOMPAS.TV –  Kedutaan Besar RI di Kairo menyelenggarakan resepsi diplomatik dalam rangka memperingati HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia dan 75 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Mesir.

“Ini merupakan kegiatan yang pertam kali diselenggarakan setelah pandemi Covid-19,” terang Dubes Lutfi Rauf lewat siaran pers yang diterima Kompas.TV, Kamis (22/9/2022).

Ada tiga kegiatan dalam acara yang diselenggarakan pada 21 September 2022 di Wisma Duta, Garden City Kairo ini. Pertama, pameran foto yang memperlihatkan kedekatan pemimpin kedua negara yang dipajang di sepanjang jalan menuju Wisma Duta.

“Diantara foto tersebut adalah pertemuan Presiden Soekarno dengan Presiden Gamal Abdel Nasser di Kairo tahun 1958 dan foto pertemuan Presiden Joko Widodo dengan Presiden Abdel Fattah El-Sisi di Jakarta tahun 2015,” paparnya.

Kedua, promosi kekayaan budaya dan keragaman produk Indonesia seperti berbagai  jenis kain tenun songket nusantara. Ketiga, Penampilan paduan suara dan musik tradisional dari mahasiswa Indonesia di Mesir dan warga Mesir yang aktif di Pukis Kairo.

Baca Juga: Israel Sebut Indonesia dan Arab Saudi Jadi Target Utama Normalisasi Hubungan Diplomatik

Dubes Lutfi mengungkapkan, resepsi diplomatik ini istimewa bagi bangsa Indonesai dan Mesir dari sisi bilateral juga multilateral. Selain menandai peringatan 75 tahun hubungan diplomatik yang diresmikan melalui penandatanganan Perjanjian Persahabatan pada tahun 1947, Indonesia dan Mesir memliki peran multilateral yang penting.

Indonesia memegang Presidensi G20, sedangkan Mesir memegang Presidensi Konferensi Peruibahan Iklim Perserikatan Bangsa-Bangsa 2022 atau dikenal dengan COP27.

“75 tahun hubungan Indonesia-Mesir adalah momentum bersejarah untuk meningkatkan peran masyarakat di kedua negara agar terus membangun kemitraan yang holistik,” ujar Dubes Lutfi dalam sambutannya.

KBRI Kairo menyelenggarakan resepsi diplomatik dalam rangka memperingati HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia dan 75 tahun hubungan diplomatik Indonesia -Mesir, (Sumber: Kompas.tv/istimewa)

KBRI Kairo mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada DWP KBRI Kairo, Rodamas, Mayora, Haggag dan Villa Sumatera yang turut berpartisipasi dalam mempromosikan produk Indonesia dan kuliner nusantara.

 Sajian makanan khas Indonesia seperti rendang daging, sate ayam, sate kambing, lapis legit, risol, kacang goreng dan bakwan disebut menarik minat para tamu undangan yang hadir.

Adapun tamu yang hadir yaitu, Ambassador Ayman Aly Kamel, Asisten Menlu Mesir untuk urusan Asia, Australia, Selandia Baru dan Pasifik. Para Duta Besar negara anggota ASEAN di Kairo,

Kemudian para pejabat di kementerian dan lembaga Mesir, akademisi, politisi, pengusaha, jurnalis, budayawan, dan sastrawan dari Mesir. Serta, pelajar Pusat Kebudayaan Indonesia (Puskin) Kairo dan perwakilan mahasiswa Indonesia di Mesir




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x