Kompas TV internasional kompas dunia

Diberi Tempat Duduk di Baris ke-14 saat Pemakaman Ratu, Biden Diejek Trump: Amerika Tak Dihormati

Kompas.tv - 20 September 2022, 22:58 WIB
diberi-tempat-duduk-di-baris-ke-14-saat-pemakaman-ratu-biden-diejek-trump-amerika-tak-dihormati
Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengambil duduk di tempatnya bersama sang istri, Jill dalam prosesi kebaktian pemakaman Ratu Elizabeth II di Gereja Westminster Abbey, London, Inggris Raya, Senin (19/9/2022). Biden duduk di baris ke-14 dalam prosesi ini hingga diejek Donald Trump. (Sumber: Dominic Lipinski/Pool PA via AP)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Mantan presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengejek presiden AS saat ini, Joe Biden terkait pemakaman Ratu Elizabeth II pada Senin (19/9/2022) lalu. Trump mengejek Biden yang diberikan tempat duduk di baris ke-14 dalam upacara kebaktian di Gereja Westminster Abbey.

Biden merupakan salah satu dari sekitar 500 tamu penting luar negeri dalam upacara pemakaman Ratu Elizabeth II. Ia datang ke London bersama Ibu Negara Jill Biden.

Melalui media sosial ciptaannya, Truth Social, Trump menyatakan bahwa tempat duduk Biden yang berada di belakang mengisyaratkan Amerika sudah tak dihormati lagi.

“Inilah apa yang terjadi kepada Amerika hanya dalam waktu dua tahun yang singkat. Tidak dihormati!” seru Trump di media sosialnya sebagaimana dikutip Independent, Senin (19/9).

Baca Juga: Mengenang Ratu Elizabeth II, Joe Biden Mengaku Eks Pemimpin Inggris Laiknya Ibunya

Lebih lanjut, Trump mengejek Biden dengan mengolok golongan negara yang disebutnya sebagai “Dunia Ketiga”.

“Akan tetapi, ini waktu yang bagus bagi Presiden kita untuk mengenal para pemimpin dari negara-negara Dunia Ketiga tertentu,” kata Trump.

“Dalam Real Estate, seperti dalam Politik dan Kehidupan, LOKASI ITU SEGALANYA,” pungkas presiden AS ke-45 tersebut.

Donald Trump sendiri tidak diundang ke upacara pemakaman di London, Inggris Raya tersebut. 

Meskipun demikian, sang mantan presiden diundang ke sebuah acara memorial yang direncanakan berlangsung di Washington.

Trump sendiri mengaku diri sebagai penggemar Ratu Elizabeth II. Setelah kematian sang ratu, politikus Republikan ini menyebutnya sebagai “wanita spektakuler.”

Ratu Elizabeth II dimakamkan di Kapel St. George, kompleks Istana Windsor, Senin (19/9) malam waktu setempat atau Selasa (20/9) dini hari waktu Indonesia.

Sebelumnya, jenazah ratu melalui beragam prosesi dari Westminster Hall dan Westminster Abbey. Kepala pemerintahan dari berbagai negara di dunia, termasuk Biden, umumnya menghadiri upacara kebaktian di Westminster Abbey.

Baca Juga: Presiden Jokowi Ogah Ikuti Biden Nyatakan Pandemi Covid-19 Telah Berakhir


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x