Kompas TV internasional kompas dunia

Meksiko Diguncang Gempa Dahsyat M 7,6, Tsunami Kecil Terekam Kamera

Kompas.tv - 20 September 2022, 10:41 WIB
meksiko-diguncang-gempa-dahsyat-m-7-6-tsunami-kecil-terekam-kamera
Tsunami kecil terjadi di Pelabuhan Manzanillo, Meksiko, usai gempa besar berkekuatan 7,6 pada Selasa (20/9/2022). (Sumber: BNO News)
Penulis : Rofi Ali Majid | Editor : Desy Afrianti

MEKSIKO CITY, KOMPAS.TV - Meksiko diguncang gempa dahsyat magnitudo 7,6 pada Selasa (20/9/2022), menyebabkan tsunami kecil dan menewaskan satu orang. Korban jiwa dilaporkan masih bisa bertambah.

Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) menyebut, gempa berlangsung pukul 13.05 waktu setempat atau dini hari WIB, berpusat di 37 kilometer tenggara Aquila, dekat perbatasan negara bagian Colima dan Michoacan, dengan kedalaman 15,1 kilometer.

"Getaran dimulai perlahan, kemudian benar-benar kuat dan berlanjut dan berlanjut hingga mereda," kata Carla Cárdenas, pemuda 16 tahun, kepada Associated Press.

Banyak bangunan rusak parah selepas gempa tersebut. Pusat Peringatan Tsunami AS memperingatkan, ada potensi gelombang tsunami berbahaya di sekitar pantai dengan radius 300 Km dari pusat gempa.

Baca Juga: Gempa Taiwan, 60 Orang Lebih Masih Terjebak Puing Bangunan

Berdasar video yang beredar di media sosial, saat ini sudah terekam tsunami kecil di Pelabuhan Manzanillo, seperti dilaporkan BNO News via akun Twitter.

"PERHATIKAN: Tsunami kecil menyebabkan banjir di pelabuhan Manzanillo, Meksiko," ungkap BNO.

Postingan itu kemudian di-retweet oleh Daryono, Koordinator Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG Indonesia.

Sebelum gempa dahsyat hari ini, Meksiko pernah diguncang gempa magnitudo 8,0 pada 1985. Ketika itu, gempa yang berpusat di Guerrero menelan 9.500 korban jiwa. 

Gempa besar lainnya terjadi pada 2017 lalu, saat guncangan berkekuatan 7,1 menewaskan lebih dari 360 orang di negara itu.

Baca Juga: Gempa Dahsyat Tengah Malam di China Tewaskan 65 Orang dan Picu Tanah Longsor


 



Sumber : Kompas TV/AP/BNO


BERITA LAINNYA



Close Ads x