Kompas TV internasional kompas dunia

Jelang Pemakaman Ratu Elizabeth II, Pelayat Padati Gereja Westminster Abbey

Kompas.tv - 19 September 2022, 16:34 WIB
jelang-pemakaman-ratu-elizabeth-ii-pelayat-padati-gereja-westminster-abbey
Pelayat mulai memadati Gereja Westminster Abbey jelang upacara pemakaman Ratu Elizabeth II di London, Inggris Raya pada Senin (19/9/2022) sore ini WIB. (Sumber: Danny Lawson/Pool PA via AP)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

LONDON, KOMPAS.TV - Para pelayat dilaporkan telah tiba di Gereja Westminster Abbey, Senin (19/9/2022) pagi waktu London atau sore waktu Indonesia. Pelayat mulai mengambil tempat duduk masing-masing untuk menghadiri pemakaman Ratu Elizabeth II.

Menurut pantauan Associated Press, pelayat mulai memasuki gereja Abad Pertengahan itu setelah pukul 08.00 waktu setempat atau 14.00 WIB.

Tamu penting pemakaman Ratu Elizabeth II hadir belakangan. Para kepala negara berkumpul lebih dulu di sebuah rumah sakit dekat Westminster Abbey sebelum ditumpangkan bus ke sana.

Jenazah Ratu Elizabeth II sendiri akan diberangkatkan dari tempat persemayamannya, Westminster Hall, ke Westminster Abbey pada pukul 10.44 waktu setempat atau 16.44 WIB.


Baca Juga: Momen Kedatangan Para Pemimpin Dunia di Inggris, Jelang Pemakaman Ratu Elizabeth II Sore Ini

Peti jenazah dijadwalkan tiba di Westminster Abbey pada pukul 10.52 waktu setempat atau 16.52 WIB. Upacara pemakaman di gereja akan dimulai pukul 11.00 waktu setempat atau 17.00 WIB.

Sebelumnya, pada pukul 6.30 waktu setempat atau 12.00 WIB, pintu Wesminster Hall telah ditutup. Ratusan ribu orang telah memberi penghormatan terakhir kepada jenazah Ratu Elizabeth II hingga siang tadi.

Westminster Abbey sendiri merupakan tempat Elizabeth II menikah dengan Pangeran Philip pada 1947 dan dinobatkan sebagai pemimpin monarki Inggris Raya pada 1953.

Ia merupakan penguasa monarki Inggris Raya terlama sepanjang sejarah.

Baca Juga: Hari Ini, Seluruh Prosesi Pemakaman Ratu Elizabeth II Akan Disiarkan di Seluruh Penjuru Inggris



Sumber : Kompas TV/Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x