Kompas TV internasional kompas dunia

Korban Tewas Serangan Kelompok Militan Al-Shabaab di Ibu Kota Somalia Jadi 13 Orang

Kompas.tv - 20 Agustus 2022, 20:03 WIB
korban-tewas-serangan-kelompok-militan-al-shabaab-di-ibu-kota-somalia-jadi-13-orang
Sedikitnya 13 orang tewas dalam serangan militan Islam yang menyerbu sebuah hotel di ibu kota Somalia pada Jumat malam (19/8/2022), kata polisi Somalia dan saksi mata (Sumber: Straits Times)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

MOGADISHU, KOMPAS.TV Sedikitnya 13 orang tewas dalam serangan milisi Islam yang menyerbu sebuah hotel di ibu kota Somalia pada hari Jumat malam, (19/8/2022) kata polisi Somalia dan saksi mata seperti laporan Associated Press, Sabtu (20/8/2022).

Beberapa orang lainnya terluka dan pasukan keamanan menyelamatkan banyak lainnya, termasuk anak-anak, dari lokasi serangan di Hotel Hayat Mogadishu, kata aparat pemerintah Somalia.

Serangan dimulai dengan ledakan di luar hotel sebelum orang-orang bersenjata menyerbu memasuki gedung hotel.

Tembakan masih terdengar pada Sabtu pagi ketika pasukan keamanan berusaha melumpuhkan orang-orang bersenjata terakhir, yang diperkirakan bersembunyi di dalam hotel. Belum jelas berapa banyak milisi yang tersisa di lantai atas hotel.

Baca Juga: Militan Somalia Al-Shabaab Serang dan Duduki Hotel Terkenal, Klaim Tembaki Semua Orang

Hotel The Hayat, lokasi penyerangan milisi Somalia Al-Shabaab, Jumat (19/8/2022). Aparat keamanan Somalia mengumumkan 13 orang tewas dalam serangan tersebut. (Sumber: BBC)

Kelompok ekstremis Islam al-Shabab mengaku bertanggung jawab atas serangan itu, yang terbaru dari upayanya yang sering menyerang tempat-tempat yang sering dikunjungi oleh pejabat pemerintah.

Sejauh ini belum ada pengumuman tentang identitas para korban. "Kami sedang minum teh di dekat lobi hotel ketika kami mendengar ledakan pertama diikuti dengan tembakan. Saya segera bergegas menuju kamar hotel di lantai dasar, dan saya menguncinya," kata saksi mata Abdullahi Hussein kepada AP melalui telepon.

“Para milisi langsung naik ke atas dan mulai menembak. Saya berada di dalam ruangan sampai pasukan keamanan tiba dan menyelamatkan saya.”

Dia mengatakan bahwa dalam perjalanan ke tempat yang aman dia melihat "beberapa mayat tergeletak di tanah di luar resepsionis hotel."


 



Sumber : Kompas TV/Straits Times


BERITA LAINNYA



Close Ads x