Kompas TV internasional kompas dunia

Jet Tempur Gaek F-4E Korea Selatan Jatuh, Dua Pilotnya Berhasil Menyelamatkan Diri

Kompas.tv - 12 Agustus 2022, 20:27 WIB
jet-tempur-gaek-f-4e-korea-selatan-jatuh-dua-pilotnya-berhasil-menyelamatkan-diri
Jet tempur gaek F-4E Korea Selatan jatuh ke Laut Kuning setelah misi keamanan pada hari Jumat, (12/8/2022) kata Angkatan Udara Korea Selatan, dengan dua pilotnya berhasil menyelamatkan diri dengan kursi lontar. (Sumber: Yonhap)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

SEOUL, KOMPAS.TV - Sebuah jet tempur gaek F-4E Korea Selatan jatuh ke Laut Kuning setelah misi keamanan pada Jumat (12/8/2022). Angkatan Udara Korea Selatan menyatakan, dua pilotnya berhasil menyelamatkan diri dengan kursi lontar, seperti dilansir Kantor Berita resmi Yonhap.

Jet berusia puluhan tahun itu jatuh menghantam laut sekitar 9 kilometer selatan Pelabuhan Jeongok di Hwaseong, sekitar 40 kilometer selatan Seoul, pada pukul 12:20 malam.

Jet tempur itu dalam perjalanan kembali ke pangkalannya di Suwon, 35 km selatan ibukota.

Setelah mengetahui mesin jet mereka terbakar, pilot dan kopilot balik arah ke daerah pantai untuk mencegah kerusakan sipil. Saat pesawat jatuh, kata Angkatan Udara Korsel, kedua pilot berhasil menyelamatkan diri.

Baca Juga: KRI Bima Suci Kembali Mengarungi Laut China Selatan Menuju Yeosu Korea Selatan

Jet tempur gaek F-4E Korea Selatan jatuh ke Laut Kuning setelah misi keamanan pada Jumat (12/8/2022) kata Angkatan Udara Korea Selatan, dan dua pilotnya berhasil menyelamatkan diri dengan kursi lontar. (Sumber: Yonhap)

Pilot tetap dalam kondisi baik setelah diangkut ke pusat medis Angkatan Udara di Cheongju, 112 km selatan Seoul.

Angkatan bersenjata menangguhkan operasi penerbangan semua pesawat kecuali untuk pengawasan dan aset darurat, dan berencana mengandangkan semua F-4E sambil menunggu penyelidikan atas insiden hari Jumat.

Tidak ada laporan kerusakan pada warga sipil sampai sekarang.


Kecelakaan itu terjadi ketika militer sedang mengerjakan rencana untuk menonaktifkan armada tua F-4 dan F-5, yang pertama kali diperkenalkan di Korea pada akhir 1970-an, masing-masing pensiun pada 2024 dan pada akhir 2020-an.

 



Sumber : Kompas TV/Yonhap


BERITA LAINNYA



Close Ads x