Kompas TV internasional kompas dunia

Biden ke Riyadh, AS dan Arab Saudi Langsung Teken 18 Deal Kerja Sama

Kompas.tv - 16 Juli 2022, 21:00 WIB
biden-ke-riyadh-as-dan-arab-saudi-langsung-teken-18-deal-kerja-sama
Kunjungan presiden AS Joe Biden hari Sabtu (16/7/2022) ke Arab Saudi langsung menghasilkan 18 kesepakatan bilateral di berbagai sektor strategis dan sensitif. (Sumber: AP Photo/Evan Vucci)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

JEDDAH, KOMPAS.TV - Kunjungan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden hari Sabtu (16/7/2022) ke Arab Saudi langsung menghasilkan 18 kesepakatan bilateral di berbagai sektor strategis dan sensitif.

Menteri energi, investasi, komunikasi, dan kesehatan Saudi menandatangani 18 perjanjian dengan rekan-rekan mereka dari AS seiring kunjungan presiden AS Joe Biden ke Arab Saudi, Sabtu (16/7) seperti laporan kantor berita resmi Arab Saudi SPA.

Perjanjian membuka jalan baru untuk kerja sama bersama dalam investasi, energi, teknologi informasi dan komunikasi, ruang angkasa dan kesehatan.

Mereka selaras dengan rencana reformasi Saudi Vision 2030, yang mencari peluang investasi di sektor-sektor yang menjanjikan.

Tiga belas dari perjanjian, yang ditandatangani selama kunjungan Presiden AS Joe Biden ke Kerajaan, dibuat dengan Kementerian Investasi, Komisi Kerajaan untuk Jubail dan Yanbu, dan banyak perusahaan sektor swasta.

Mereka termasuk sekelompok perusahaan AS terkemuka seperti Boeing Aerospace, Raytheon Defense Industries, Medtronic and Digital Diagnostics, IKVIA di sektor perawatan kesehatan, dan banyak perusahaan AS lainnya di sektor energi, pariwisata, pendidikan, manufaktur, dan tekstil.

Otoritas Luar Angkasa Saudi menandatangani Artemis Accords dengan NASA, yang memungkinkan Arab Saudi ikut eksplorasi bersama Bulan dan Mars.

Baca Juga: Arab Saudi Buka Wilayah Udara untuk Israel, Tahap Awal Normalisasi Hubungan?

Presiden Joe Biden dan jajaran bertemu Putra Mahkota Arab Saudi Mohammad bin Salman MBS dan jajaran, banyak dilihat sebagai pengakuan atas otoritas putra mahkota di Arab Saudi. (Sumber: AP Photo/Evan Vucci)

Kementerian Komunikasi dan Teknologi Informasi menandatangani nota kerja sama dengan IBM untuk meningkatkan keterampilan 100.000 wanita dan pria muda selama lima tahun dalam delapan inisiatif yang dapat memosisikan Kerajaan sebagai pusat teknologi dan inovasi di Timur Tengah dan Afrika Utara.

Kementerian juga menandatangani nota kerja sama dengan Administrasi Komunikasi dan Informasi Nasional AS, yang mencakup kerja sama antara kedua negara dalam teknologi 5G dan 6G.

Perjanjian tersebut menargetkan percepatan pertumbuhan ekonomi digital dan meningkatkan laju penelitian, pengembangan, dan inovasi dalam ekosistem digital Kerajaan.

Kementerian energi Saudi dan AS menandatangani perjanjian kemitraan energi bersih yang mencakup bidang dan proyek kerja sama di sektor ini, di samping kerja sama energi nuklir sipil dan uranium, sambil memperkuat upaya kedua negara dalam mempromosikan energi bersih dan aksi iklim.

Kementerian Kesehatan menandatangani nota kerjasama di bidang kesehatan masyarakat, ilmu kedokteran dan penelitian.


Memorandum tersebut bertujuan untuk mendukung dan memperkuat hubungan yang ada dalam kesehatan masyarakat antara individu, organisasi dan lembaga.

Ini berusaha untuk mengkonsolidasikan upaya bersama dalam mengatasi masalah kesehatan masyarakat dan tantangan medis, ilmiah dan penelitian, serta pertukaran informasi, keahlian dan akademisi.

Nota tersebut juga berupaya untuk menyelenggarakan pelatihan bersama bagi pekerja di bidang kesehatan dan medis, sambil membahas penerapan yang tepat dari sistem informasi kesehatan, penelitian dan pengembangan dan inovasi kesehatan.

 




Sumber : Kompas TV/Arab News


BERITA LAINNYA



Close Ads x